Tak Miliki Dokumen, WN Myanmar Menumpang Hidup di Masjid Langkat

Seorang WN Malaysia terombang-ambing di laut

Langkat, IDN Times - Dua Warga Negara Asing (WNA) terdampar di Kabupaten Langkat. Keduanya tercatat sebagai warga Negara Malaysia dan Myanmar. Karena tidak memiliki dokumen, akhirnya kedua WNA ini diamankan petugas kepolisian Polres Langkat.

Kasubag Humas Polres Langkat Iptu Rohmat mengatakan, awalnya seorang laki-laki tidak dikenal ditemukan warga Dusun Minta Kasih, Desa Namanjahe, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Pria itu berada di Masjid Mesjid Al-Ikhlas, Sabtu (14/12) sekira pukul 22.00 WIB. Karena merasa curiga, warga di sana coba memintai keterangan pria tersebut.

Namun, pria ini tidak mengerti bahasa Indonesia. Apalagi sepeda motor yang dikendarainya tidak memiliki dokumen.

"Dia mengendarai sepeda motor ke masjid itu. Saat ditanya warga disana, dia tidak bisa berbahasa Indonesia. Pria itu mengaku bernama Umar Syarief (40), dati pengakuannnya juga dia merupakan pengungsi Myanmar," katanya.

1. Dokumen hilang di Langsa

Tak Miliki Dokumen, WN Myanmar Menumpang Hidup di Masjid Langkatunsplash.com/Blake Guidry

Usai melakukan penggeledahan yang dilakukan Kepala Dusun III Minta Kasih Muhammad Kurnia dan sejumlah warga. Selanjutnya orang asing tersebut diantar ke Polsek Salapian, Polres Langkat.

"WNA ini kita amankan sementara di Mapolsek Salapian dan orang tersebut tidak memiliki dokumen keimigrasian, seperti paspor dan surat lainnya," kata dia.

Menurut Rohmat, berdasarkan keterangan yang bersangkutan, dokumen miliknya hilang di Langsa, Aceh Timur, Provinsi Aceh. Pun begitu, aparat kepolisian masih mengamnakannya dan akan segera berkoordinasi dengan pihak Migrasi.

"Kita sedang berkoordinasi dengan pihak migrasi, apakah benar dirinya pengungsi yang sudah menetap di Indonesia. Selanjutnya akan kita informasikan ya," kata Rohmat.

 

Baca Juga: Gak Kalah dari Film Drama, Ini Kisah Cinta 7 Presiden RI dan Istrinya

2. Kehabisan bahan bakar, nelayan Malaysia terdampar diperairan Indonesia

Tak Miliki Dokumen, WN Myanmar Menumpang Hidup di Masjid LangkatKapal WN Malaysia yang terdampar di Langkat (IDN Times/Handoko)

Pada hari yang sama, jelasnya, petugas kepolisian kembali menerima informasi dari warga di Kecamatan Pangkalan Susu, sekira pukul 22.30 WIB.

Warga disana menemukan seorang laki-laki diketahui bernama Wal Asmira Bin Asan (28), tercatat sebagai warga Negara Malaysia.

WNA Malaysia ini merupakan nelayan yang sedang terombang-ambing dilautan. Lalu, warga nelayan yang mendengar teriakan mengamankannya ke dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jalan Pelabuhan, Kelurahan Beras Basah, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.

 

3. Ditolong oleh nelayan dan dibawa ke pelabuhan pangkalan susu

Tak Miliki Dokumen, WN Myanmar Menumpang Hidup di Masjid LangkatKapal WN Malaysia yang terdampar di Langkat (IDN Times/Handoko)

Dijelaskan Iptu Rohmat, warga Malaysia tersebut mengaku terombang ambing di perahu motornya sampai memasuki wilayah perairan Indonesia pada koordinat 0444 LU, 09842 BT, karena kehabisan bahan bakar.

"Akhirnya nelayan tersebut ditolong oleh Aidil (37) nelayan warga Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, dan menyelamatkan warga Malaysia itu dengan cara menggandeng perahu motornya sampai ke Pelabuhan Pangkalan Susu," tegasnya, sembari mengatakan untuk sementara nelayan tersebut diamankan di Pos TNI-AL setempat.

Baca Juga: Pahlawan Emas PON 1985 dan Eks PSMS Terbaring karena Gagal Ginjal  

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya