Sompo Medan: HPN Jadi Momentum Perbaikan Ekonomi Daerah

Sompo menyadari peran sentral dari rekan-rekan jurnalis

Medan, IDN Times - Jurnalisme positif mampu menjadi katalis kebangkitan ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah. Hal inilah yang menjadi salah satu poin pembahasan
penting antara PT Sompo Insurance Indonesia (Asuransi Sompo) dengan segenap insan
jurnalis di seluruh tanah air, khususnya di Kota Medan, Sumatera Utara yang memiliki
sejarah panjang perkembangan jurnalisme di Indonesia.

Mengutip siaran pers biro humas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang bertajuk “Satu Abad Sumatera Utara” mengungkap bahwa selama periode tahun 1880 hingga 1942, Sumut tercatat memiliki 147 surat kabar, dan jumlah tersebut dapat dikatakan sangat luar biasa, bahkan jika dibandingkan masa sekarang.

Asuransi Sompo memiliki harapan yang besar khususnya dalam memaksimalkan peran
wartawan demi memajukan industri perasuransian, khususnya di Sumatera Utara. Momentum perbaikan ekonomi yang saat ini sedang berjalan, perlu diikuti kesadaran untuk melindungi aset personal serta aset strategis pelaku usaha demi mengantisipasi terjadinya bencana dan kerugian lainnya.

1. Sinergi positif akan mampu menjawab tantangan ekonomi di masa pandemik

Sompo Medan: HPN Jadi Momentum Perbaikan Ekonomi DaerahDok. IDN Times/IStimewa

Kepercayaan publik yang terus dibangun lewat pendekatan jurnalisme positif akan menjadi katalis dalam mendukung laju pemulihan ekonomi Sumatera Utara yang saat ini sudah berada pada koridor yang tepat.

Mengutip publikasi Kementerian Koordinator Perekonomian, Sumatera Utara berhasil membukukan peningkatan ekonomi sebesar 3,13 persen dalam triwulan III-2020 dibandingkan periode sebelumnya.

Intan Wibisono, Head of Corporate Communications PT Sompo Insurance Indonesia
menyampaikan, dedikasi rekan-rekan wartawan khususnya di kota Medan, Sumatera Utara begitu luar biasa.

"Dalam kesempatan yang baik ini kami ingin mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2021, khususnya kepada seluruh wartawan yang dianggap sebagai salah satu mitra penting khususnya bagi Asuransi Sompo Kantor Cabang Medan. Kami yakin, lewat sinergi yang positif kita bersama-sama akan mampu menjawab tantangan ekonomi di masa pandemik ini,” ujarnya dalam pernyataan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (17/2/2021).

Baca Juga: Bikin Melongo, 10 Harga Outfit Amanda Manopo Syuting Ikatan Cinta

2. Indeks literasi keuangan di Sumut sebesar 44,36 persen

Sompo Medan: HPN Jadi Momentum Perbaikan Ekonomi DaerahDok. IDN Times/IStimewa

Dalam semangat Hari Pers Nasional 2021, Asuransi Sompo Kantor Cabang Medan dengan tulus mengapresiasi dedikasi para wartawan yang telah mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan khususnya di sektor industri perasuransian.

Hal ini tercermin dari publikasi yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menunjukkan indeks provinsi Sumatera Utara untuk literasi keuangan sebesar 44,36 persen dan inklusi keuangan sebesar 86,09 persen, lebih tinggi dari rata-rata nasional yang berkisar di angka 38,03 persen untuk indeks literasi keuangan dan 76,19 persen untuk indeks inklusi keuangan.

Keberadaan wartawan sangat dibutuhkan, bahkan tanpa adanya wartawan atau media massa bangsa ini tidak akan pernah maju. Karena sebagaimana fungsinya, pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial, dibutuhkan masyarakat dalam membangun kehidupan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi melalui rilis di laman resmi pemerintah provinsi Sumatera Utara dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021, yang membahas tema ‘Pertarungan Media Massa Konvensional di Era Digital’, Senin (8/2), dari Rumah Dinas Gubernur.

"SDM untuk menjadi wartawan harus benar-benar orang terpilih, karena dalam bermedia kita butuh kepercayaan, kita butuh menerima informasi dan memberikan informasi untuk
membangun kehidupan, kita perlu komunikasi dua arah, sehingga wartawan dan media
benar-benar dibutuhkan untuk kemajuan, tanpa media bangsa kita tak akan pernah maju,"
ujar Bapak Edy Rahmayadi.

3. Sompo menyadari peran sentral dari rekan-rekan jurnalis

Sompo Medan: HPN Jadi Momentum Perbaikan Ekonomi DaerahDok. IDN Times/IStimewa

Asuransi Sompo Kantor Cabang Medan sependapat dengan pernyataan Gubernur Sumatera Utara, dan menyadari peran sentral dari rekan-rekan wartawan khususnya yang bertugas di Sumatera Utara dalam memastikan distribusi informasi yang akurat dan mempromosikan pendekatan peliputan yang berimbang dalam menyusun pemberitaan. Hal ini bisa dilakukan melalui kanal media arus utama maupun kanal media sosial.

Survei Katadata belum lama ini menyimpulkan bahwa televisi merupakan media yang paling dipercaya responden, yakni 49,5 persen. Disusul oleh media sosial 20,3 persen lalu situs pemerintah hanya 15,3 persen dan media cetak seperti koran/majalah mendapatkan 4.0 persen.

Dalam kesempatan yang sama, Asuransi Sompo Kantor Cabang Medan menggelorakan
semangat yang sama khususnya dalam momentum HPN 2021 dengan mengangkat
semangat kolaborasi segenap pemangku kepentingan untuk bersama-sama bangkit dari
pandemi COVID-19, dan menjadikan wartawan sebagai akselerator. Literasi dan inklusi
keuangan menjadi salah satu parameter strategis dalam mendukung pemulihan ekonomi
nasional dan daerah.

Baca Juga: Kinerja Keuangan Stabil, Asuransi Sompo Optimis Tumbuh Terus di 2021

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya