Seleksi PPK Binjai, 126 Orang Akan Ikuti Ujian CAT Besok

KPU bentuk PPK mandiri, netral dan profesional

Binjai, IDN Times - Sebanyak 126 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), akan mengikuti ujian dengan menggunakan metode Computer Assisted Tes (CAT) Kamis (30/1).

Para peserta ini terpilih setelah terlebih dahulu melewati uji kelengkapan berkas yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Binjai.

"Dari 139 peserta yang memasukan berkas ke KPU Binjai. Ada 13 peserta yang berkasnya tidak lengkap dan tidak memenuhi syarat untuk lulus. Salah satu contoh adalah ijazah yang tidak dilegalisir," kata Ketua KPU Binjai Zulfan Efendi didampingi Robby Effendi Komisioner Divisi Sosialisasi, SDM Parmas, Rabu (29/2/2020).

1. Tak boleh sepele, setiap ujian penting untuk

Seleksi PPK Binjai, 126 Orang Akan Ikuti Ujian CAT BesokPendaftaran PPK di KPU Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Dikatakan dia, dalam uji kelengkapan berkas sangatlah penting, karena nantinya calon PPK terpilih akan banyak berhadapan atau berurusan dengan teknis administrasi. Dari sini tentu bisa dilihat apakah para calon PPK ini sepele atau tidak dengan hal kecil seperti ini.

"Ternyata, ada saja calon anggota yang sepele dalam hal sekecil ini. Padahal uji kelengkapan berkas ini penting," jelas dia.

Dirinya juga mengakui, sesuai dengan tahapan seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selanjutnya, akan digelar ujian tertulis pada Kamis 30 Januari 2020 di SMK PABA Binjai.

"Adapun jumlah orang yang lulus diantara 126 orang. Untuk Kecamatan Binjai Kota 20 orang, Kecamatan Binjai Barat 24 orang, Kecamatan Binjai Selatan 23 dan Kecamatan Binjai Timur 23 orang serta Kecamatan Binjai Utara 36 Orang," papar dia.

Baca Juga: Oknum Guru PNS di Langkat Tega Cabuli Murid SD di Dalam Kelas

2. Peserta dapat mengetahui langsung hasil ujian CAT

Seleksi PPK Binjai, 126 Orang Akan Ikuti Ujian CAT BesokPendaftaran PPK di KPU Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Materi soal yang akan diujikan dalam metode CAT, dijelaskanya, mencakup tentang fungsi, tugas dan wewenang PPK. Selain itu, teknis pemungutan, rekapitulasi dan penghitungan suara serta pengetahuan kewilayahan juga masuk dalam metari ujian nanti.

"Untuk itu, kesiapan para peserta sangat dibutuhkan dalam ujian nanti. Dengan kata lain, setiap ujian yang dilewati peserta sangat penting untuk menentukan kelulusan," katanya.

Dalam uji CAT, dipaparkanya, nilai yang didapat oleh peserta ujian akan dapat diketahui langsung. Sehingga, peserta dapat mengetahui apakah lulus dalam uji kali ini atau tidak. Dengan demikian, terbilang dapat meminimalisir kecurangan dalam setiap ujian yang dilakukan KPU.

"Setiap uji kelayakan yang dilakukan, baik itu kelengkapan berkas dan uji lainnya kepada calon PPK selalu didampingi oleh Bawaslu. Sehingga semua nilai yang didapat memang mutlak merupakan hasil kerja keras calon PPK," katanya.

3. 10 orang yang lolos ujian CAT akan mengikuti uji wawancara

Seleksi PPK Binjai, 126 Orang Akan Ikuti Ujian CAT BesokPendaftaran PPK di KPU Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Setelah melewati ujian pemberkasan dan CAT, jelasnya, pihak KPU akan mengambil 10 orang untuk mengikuti ujian selanjutnya yakni uji wawancara. Dalam uji ini, dinilai wawasan dari calon PPK tentang Pemilihan Umum (Pemilu), selain itu dalam tes wawancara juga kita melihat rekam jejak dari calon.

"Dengan kata lain, jika ada tanggapan dari masyarakat terkait calon. Disinilah para calon PPK dapat melakukan penyanggahan atau menjelaskan terkait tudingan buruk dari masyarakat," kata dia.

Diakuinya, dalam hal ini KPU Binjai sesuai dengan amanah yang diberikan, berkomitmen mencari anggota PPK yang mandiri, netral dan profesional. Oleh karenanya, pihak KPU juga mengajak semua elemen masyarakat Binjai, ikut mengawal dan mengawasi jalannya proses rekrutmen ini.

"Sebagai ujung tombak pelaksana pemilu di tingkat kecamatan, diperlukan orang-orang yang netral dan bertanggung jawab," tegasnya

Baca Juga: 441 Calon PPK Lolos Tahap Awal KPU Medan dan Berhak Ikut CAT

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya