SELAMAT! Sebanyak 406 Siswa SMA Siantar dan Simalungun Lolos SNMPTN

Satu di antaranya lulus Fakultas Kedokteran UI

Pematangsiantar, IDN Times - Pada penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2019, sebanyak 406 siswa dari SMA se-Kota Siantar dan Simalungun lolos masuk perguruan tinggi tanpa tes tersebut. 

Data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan Cabang Dinas Siantar, kebanyakan siswa SMA Siantar-Simalungun itu masuk ke Universitas Sumatera Utara, yakni 64 orang.

Sementara Universitas Negeri Medan menempati urutan kedua yakni 46 orang. 

Selamat ya Adik-adik!

1. Satu orang berhasil masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

SELAMAT! Sebanyak 406 Siswa SMA Siantar dan Simalungun Lolos SNMPTNhttps://kampusaja.com/daftar-jurusan-ui/

Dibanding tahun sebelumnya, keberhasilan siswa se-Kota Siantar lolos SNMPTN menurun. Tahun 2019 ini Kota Siantar hanya mengirimkan 172 siswa/i masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan tersebut. 

Namun ada satu kebanggan bagi Kota Pematangsiantar, khusunya SMA Negeri 2 Pematangsiantar itu. Salah seorang siswi nya yaitu Fathia Maisarah, lolos ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 

Siswa yang mengambil jurusan PMIA itu menjadi satu-satu nya siswa se-Kota Siantar yang masuk ke PTN bergengsi tersebut. Tercatat, sejak 2 tahun terakhir SMAN 2 Siantar tidak terwakilkan di Universitas Indonesia. 

Sementara diurutan teratas sekolah yang menghasilkan siswa lolos SNMPTN dipuncaki 2 sekolah, yaitu SMAN 1 Siantar dan SMAN 6 Siantar. Sebanyak 28 siswa dari masing-masing sekolah negeri itu lolos SNMPTN tahun 2019. 

"Untuk tahun ini SMA N 2 Siantar menurun. Di tahun 2018 sebanyak 26 orang, tapi sekarang 24 orang," ucap Kepala SMAN 2 Hasbiansyah Sinaga.

Baca Juga: Nyanyikan Lagu Kodaline, Guru Al Azhar Medan Viral hingga ke Amerika

2. SMA se-Kabupaten Simalungun menghasilkan 234 Siswa lolos SNMPTN

SELAMAT! Sebanyak 406 Siswa SMA Siantar dan Simalungun Lolos SNMPTNmakassar.tribunnews.com

SMAN 1 Bandar menjadi pencetak anak didik terbanyak yang lolos SNMPTN tahun 2019. Sebanyak 57 siswa sekolah di salah satu Kecamatan di Kabupaten Simalungun itu berhasil masuk PTN tanpa ujian. 

Sementara di urutan kedua ada SMAN 1 Raya, yakni 37 orang, berikutnya SMAN 1 Tanah Jawa sebanyak 27 orang dan di peringkat keempat SMA Batu Nanggar, yakni 22 orang. 

"Yang lolos ke Universitas Diponegoro ada 6 orang, dan Institut Pertanian Bogor ada 3 orang," kata Kepala Seksi SMA Dinas Pendidikan Sumatera Utara Cabang Siantar,  Hamonangan Aruan, Jumat (29/3). 

3. Siswa yang tidak lolos SNMPTN diharapkan mencoba SBMPTN

SELAMAT! Sebanyak 406 Siswa SMA Siantar dan Simalungun Lolos SNMPTNPemprov Jawa Timur

Kasi SMA Dinas Pendidikan Sumatera Utara Cabang Siantar Hamonangan Aruan mengucapkan selamat kepada siswa SMA se-Kota Siantar dan Kabupaten yang lolos SNMPTN tahun 2019. 

"Ini merupakan cita-cita kita bersama untuk memposisikan bersaing di tingkat nasional,"ucapnya. 

Hamonangan melanjutkan, berhasilnya masuk PTN melalui jalur undangan bukanlah akhir perjuangan siswa, melainkan awal. Ia berharap siswa yang lolos meningkatkan prestasi dan kreasi di pendidikan kancah nasional. 

"Anda merupakan representasi dari Siantar dan Simalungun, tunjukkan bahwa siswa dari Siantar dan Simalungun berdedikasi tinggi, yang beradab dan punya sopan santun,"harapnya. 

Sementara bagi siswa yang belum berhasil, Hamonangan mengatakan jika masih ada kesempatan untuk melanjutkan duduk di bangku perguruan tinggi negeri, yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Baca Juga: Bikin Bangga! 5 Siswa SMK Muhammadiyah Tapteng Masuk PTN Tanpa Ujian

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya