Sebanyak 13 Ribu Personel Gabungan Akan Amankan Pemilu di Sumut

Apel Operasi Mantap Brata Toba di Lapangan Benteng

Medan, IDN Times - Personel gabungan terdiri dari unsur Polri, TNI, BPBD, Pemadam Kebakaran dan lainnya menggelar Apel Operasi Mantap Brata Toba, Jumat (22/3) di Lapangan Benteng Medan, Sumatera Utara.

Apel yang melibatkan 13 ribu personel gabungan itu digelar dalam rangka pengamanan pemilihan umum pada 17 April 2019 mendatang. Nantinya mereka akan disiagakan untuk menjaga jalannya pemilu dari segala gangguan.

"Sebanyak 13 ribu pasukan disiapkan untuk pengamanan Pemilu 2019," sebut Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto, Jumat (22/3).

Lanjut Agus, apel gabungan dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan personel. Dan juga bertujuan untuk menunjukkan sinergitas antara Polri dan TNI.

"Sesuai amanat dari Menko Polhukam tadi, kita akan menindak tegas baik pelaku perseorangan maupun kelompok yang menganggu keamanan pada saat pemilu berlangsung," ujarnya.

Baca Juga: Sebar Video Hoaks Surat Suara Sudah Dicoblos, 2 Pria Ditangkap

1. Pola pengamanannya akan disesuaikan dengan karakteristik setiap daerah

Sebanyak 13 Ribu Personel Gabungan Akan Amankan Pemilu di SumutIDN Times/Istimewa

Ketika disinggung pola pengamanannya, mantan Wakapolda Sumut, itu menerangkan akan disesuaikan dengan karakteristik setiap daerah.

Walaupun tidak diungkap secara detail daerah mana yang rawan. Namun, jenderal bintang dua itu menegaskan atensi khusus diberlakukan di seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Utara

"Pengamananya sesuai dengan tingkat kerawanan. Begitu juga dengan tahapan-tahapan pemilu, semuanya sudah disiapkan alternatif pengamanannya,” pungkasnya.

2. Kodam I/BB akan mengawal jalannya Pemilu di Provinsi Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau

Sebanyak 13 Ribu Personel Gabungan Akan Amankan Pemilu di SumutIDN Times/Istimewa

Pangdam I/Bukit Barisam Mayjen Muhammad Sabrar Fadhilla berkomitmen akan membantu Polri dalam pengamanan.

Tak hanya Sumut, Kodam I/BB akan mengawal jalannya Pemilu di Provinsi Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau.

Mantan Kapus Penkum Mabes TNI itu mengatakan khusus untuk Sumatera Utara, pihaknya memperbantukan sembilan ribu personel. Namun jumlah itu bisa saja bertambah jika Polda Sumatera Utara memerlukan tambahan.

"Prinsipnya kami siap mendukung Polda Sumut untuk menciptakan proses Pilpres dan Pileg sampai selesai," sebutnya.

Dia juga berharap pelaksanaan pemilu bisa berlangsung damai dan mengajak semua pihak ikut bertanggungjawab mensukseskan pesta demokrasi ini.

"Tak hanya TNI dan Polri, semua komponen masyarakat termasuk juga media harus mensukseskannya," tegasnya.

Baca Juga: Kapolda Sumut Resmikan Turnamen Futsal, Total Hadiah Rp 200 Juta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya