Rumah PNS Dinas PU Kemalingan Siang Bolong, Harta Rp70 Juta Raib

Kabel kamera CCTV dipotong

Binjai, IDN Times - Rumah milik pasangan Joeanda dan Kumalasari di kawasan pemukiman Jalan Sisingamaraja, Gang Pinang II, Kelurahan Sumber Muliorejo, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara dibobol maling di siang bolong, Rabu (17/7).

Sang pemilik rumah, Joeanda yang karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah Sumatera Utara dan istrinya yang merupakan PNS di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Binjai kehilangan sejumlah harta bendanya, dengan nilai kerugian mencapai lebih dari Rp 70 juta.

Berikut kronologinya:

1. kabel CCTV dipotong sebelum maling beraksi

Rumah PNS Dinas PU Kemalingan Siang Bolong, Harta Rp70 Juta RaibIDN Times/Handoko

Menurut Joeanda, kasus pencurian itu pertama kali diketahui sang istri, Kumalasari sekitar pukul 18.00 WIB atau sesaat setelah dia tiba di rumah usai pulang bekerja.

Begitu masuk ke ruang tamu, seketika itu sang istri terkejut melihat keadaan pintu belakang rumah sudah terbuka. Merasa curiga jika rumahnya dimasuki pencuri, Kumalasari berinisiatif meminta bantuan tetangga, guna mendampinginya memeriksa kondisi rumah.

"Nyatanya kecurigaan istri saya terbukti. Sebab kondisi rumah diperiksa, dia mendapati sebagian atap seng dan asbes kamar mandi telah dibongkar. Bahkan kabel kamera CCTV di belakang rumah juga ikut diputus," ujar Joeanda kepada IDN Times, Minggu (21/7) siang.

Baca Juga: Hotel Bintang Empat Pertama di Balige, 4 Fakta tentang Hotel Labersa

2. Laptop, HP, jam tangan, dan perhiasan raib

Rumah PNS Dinas PU Kemalingan Siang Bolong, Harta Rp70 Juta Raibsafedepositfederation.com

Lebih mengejutkan lagi, sang istri juga mendapati kondisi kamar tidur mereka sudah berantakan.

Saat diperiksa, dia mendapati laptop dan telepon genggam telah hilang, termasuk jam tangan dan seluruh perhiasan emas yang tersimpan di dalam lemari. Total harta benda yang hilang mencapai Rp70 juta.

"Menyadari kejadian itu, istri segera menghubungi saya dan meminta saya untuk pulang. Namun tidak lama setelah tiba di rumah untuk cek keadaan di sana, saya langsung melaporkan kasus itu ke Polres Binjai," jelas Joeanda.

3. Diduga pencuri yang beraksi lebih dari satu orang

Rumah PNS Dinas PU Kemalingan Siang Bolong, Harta Rp70 Juta RaibPixabay.com

Joeanda mengaku, ada indikasi pelaku pencurian tersebut telah terlebih dahulu merencanakan aksinya. Sebab mereka seakan sudah memahami kondisi rumah yang kerap kosong pada siang hari, karena ditinggal seluruh penghuninya bekerja.

Dalam hal ini, katanya, pelaku pencurian itu diperkirakan tidak hanya satu orang. Mereka diduga menyelinap masuk ke dalam rumah, usai memanjat dinding samping menggunakan tangga, lalu merusak atap kamar mandi.

"Taksiran saya, pelakunya masuk antara pukul 11.00 hingga 16.00 WIB. Sebab dari rekaman kamera CCTV di depan rumah, pada jam segitu sempat terlihat seorang pria tidak dikenal bolak-balik di luar pagar," seru Joeanda.

4. Kapolres: Fokus bekerja dengan melibatkan tim khusus

Rumah PNS Dinas PU Kemalingan Siang Bolong, Harta Rp70 Juta RaibIDN Times/Handoko

Menanggapi kasus pencurian itu, Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto, mengaku pihaknya telah menerima laporan korban.

Saat ini pun, dia telah menginstruksikan anggotanya untuk menyelidiki kasus tersebut dan menangkap pelakunya.

"Di sini, kita akan fokus bekerja dengan melibatkan tim khusus, agar siapapun pelakunya dapat segera ditangkap. Sebab saya juga sadar, kasus ini memberikan tantangan tersendiri bagi kami untuk mengungkapnya," ujar Nugroho.

Baca Juga: Hanya Dijual 60 Unit, Mobil MINI Bakal Jadi Buruan Kolektor Nih!

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya