Road to Sinabung Art Festival, Kenalkan Budaya Karo yang Sebenarnya

Road to Sinabung Art Festival, Kenalkan Budaya Karo yang Seb

Karo, IDN Times - Road to Sinabung Art Festival resmi digelar di Villa Mari Pro, La Kawar, Kabupaten Karo, Jumat - Sabtu (17-18/2/2023). Event ini digelar untuk memanaskan dan mempromosikan acara puncak Sinabuny Art Festival (SAF) 2023 pada 29-30 April 2023.

SAF 2023 ini digelar untuk memperkenalkan Budaya Karo yang sebenarnya kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat yang berasal dari luar Sumatera Utara.

Pada Road to SAF 2023 dipertontonkan sejumlah penampil bertalenta dari anak muda Karo. Di antaranya penampilan musik dan tari tradisional dari pelajar SMP Xaverius Kabanjahe, Sendratari Warna Danau, Penampilan Musik dari pemuda Kuta Rayat, dan Pameran Foto karya Dedi Sinuhaji dan Johnny Siahaan.

1. Event puncak digelar pada 29-30 April 2023

Road to Sinabung Art Festival, Kenalkan Budaya Karo yang SebenarnyaPaul (kiri) dan Thomson HS penyelenggaran Road to Sinabung Art Festival di Villa Mari Pro, Lau Kawar, Kabupaten Karo, Jumat - Sabtu (17-18/2/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Penyelenggara SAF 2023, Andreas Ginting menjelaskan pra event ini digelar dengan santai dan tanpa rundown yang ketat tujuannya untuk pemasanan event puncak pada 29-30 April 2023 nanti.

Event puncak digelar seminggu setelah Lebaran dengan harapan banyak orang dari luar kota yang datang membawa keluarga.

"Di sini suasananya berbeda, venuenya berbeda, Ini bukan event yang didukung pendanaan oleh pemerinrah, support ada beberapa item. Kita sebagai pencetus ide membuat acara ini secara mandiri, mohon bantuannya. Lewat acara ini kita mau mengajak pemerintah desa agar mereka mengubah mindset soal budaya, budaya Karo ini harus dirawat dan diperkenalnya kepada masyarakat luas," ungkapnya, Sabtu (18/2/2023).

2. SAF menjadi tolak ukur budaya Karo yang sebenarnya

Road to Sinabung Art Festival, Kenalkan Budaya Karo yang SebenarnyaVilla Mari Pro, Lau Kawar, Kabupaten Karo (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Pria yang akrab disapa Paul ini menjelaskan indeks literasi kebudayaan provinsi Sumut ini masih sangat rendah, berada di peringkat 22 dari 33 provinsi. Dengan memperkenalkan budaya asli Karo ini Paul berharap indeks literasi kebudayaan Sumut bisa meningkat.

Ia menerangkan event SAF 2023 ini bukan ditujukan untuk warga desa sekitar tetapi untuk tamu-tamu premium dari luar kota.

"Jadi kita menghadirkan kualitas bukan kuantitas. Ini event pertama, jadi mohon dukungan. Untuk event perdana ini saya dibantu Bang Thomson HS, maestro seni dan budaya sebagai kurator dan juga dibantu musisi Karo, Anton Sitepu. Jadi kalau nanti ada dukungan lain dari pemerintah, kami akan tingkatkan kualitasnya. Kita ingin tempat ini dan event SAF inj jadi tempat merawat dan memperkenalkan, mempertunjukkan budaya Karo yang sebenarnya," terangnya.

Paul juga berharap SAF ini jadi event tahunan yang menjadi tolak ukur bahwa ini lah budaya Karo yang sebenarnya.

3. Kebudayaan yang berhasil adalah yang dinikmati bersama

Road to Sinabung Art Festival, Kenalkan Budaya Karo yang SebenarnyaRoad to Sinabung Art Festival digelar di Villa Mari Pro, Lau Kawar, Kabupaten Karo, Jumat - Sabtu (17-18/2/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Thomson HS menjelaskan tugasnya adalah mengurasi potensi lokal untuk mengisi pada puncak acara nanti. Selain itu mensurvei venue untuk pertunjukkan dan bagaimana memaksimalkannya. Sehingha perlu analisis dan survei untuk membuat pertunjukkan di sini jadi baik untuk ditonton.

"Saya mau rancang ini selama tiga tahun. Saya senang dengan kelompok kolaborasi ini dan saya salut dengan Paul mau berinvestasi untuk memperkenalkan budaya karo. Karena kebudayaan yang berhasil adalah kebudayaan yang bisa dinikmati banyak orang, bukan milik suku tertentu saja," jelasnya.

Musisi Anton Sitepu menjelaskan Keteng-keteng akan menjadi salah satu yang ditampilkan karena sebagai representasi tiga alat musik Karo.

Dengan adanya pra event ini Anton berharap bisa membuat acara lebih luar biasa di puncak acara SAF 2023 nanti.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya