Rangkul Kaum Milenial, Sayap Partai PDIP Gelar Piala Sooor Banteng

Sooor Banteng jadi wadah menyalurkan bakat-bakat anak Muda

Pematangsiantar, IDN Times - Pada pemilu serentak 2019, berdasarkan data dari KPU jumlah pemilih muda sudah mencapai 70 juta - 80 juta jiwa dari 193 juta pemilih. Ini artinya 35-40 persen dari jumlah pemilih merupakan pemilih muda berusia 17-35 tahun

Pada pemilu serentak 2024 diprediksi jumlah pemilih muda akan mengalami peningkatan. Fakta ini jelas menjadi perhatian serius bagi Partai Politik di Indonesia.

Untuk menggaet para pemilih muda ini, PDI Perjuangan melalui Sayap Organisasi Partai (Sooor) menggelar Piala Sooor Banteng Sumut sebanyak 10 seri. Yakni dengan memperlombakan kegiatan yang digandrungi anak muda. Seperti Kompetisi Mobile Legend, Festival Dangdut, Kompetisi Stand Up Comedy, Festival Marhaban, Tari Ronggeng Melayu, Senam, Dance Competition, Kompetisi Musik Akustik dan lain sebagainya. 

Seri I dan II sudah berhasil digelar di Deliserdang, Serdangbedagai, Tebingtinggi, dan Batubara, Asahan, Tanjungbalai pada 13 November dan 15 November 2022.

Sedangkan Seri III Sooor Banteng baru saja digelar di Kedai Kopi Barika Kota Pematang Siantar, Jumat (18/11/2022). Di kota ini Soor Banteng menggelar kompetisi e-Sport Mobile Legend, stand up comedy, dan kesenian musik jalanan.  

1. Wadah menyalurkan bakat-bakat anak Muda

Rangkul Kaum Milenial, Sayap Partai PDIP Gelar Piala Sooor BantengKetua DPD Banteng Muda Indonesia (BMI) Sumut, Franky Partogi Wijaya Sirait (Dok. IDN Times)

Ketua DPD Banteng Muda Indonesia (BMI) Sumut, Franky Partogi Wijaya Sirait mengatakan kegiatan ini dilaksanakan secara spontan oleh sayap-sayap partai PDIP di antaranya BMI, Repdem, Taruna Merah Putih, GNTI, dan Baitul Muslimin setelah gerakan Sumpah Pemuda.

Menurutnya kegiatan ini digelar untuk menyalurkan bakat-bakat anak Muda serta mengharmonisasikan seluruh pemuda-pemudi di Sumut ini membangun jiwa kebangsaan.

"Terima kasih untuk antusiasme para sayap organisasi PDI Perjuangan yang ikut memeriahkan turnamen ini. Harapan kami bisa muncul atlet-atlet e-Sport, komika, dan pegiat kesenian muda di Sumut dari kompetisi ini," ujar pria yang akrab disapa Ogi ini saat membuka acara kemarin.

2. Berikut jadwal seri IV hingga X dan cara pendaftaran

Rangkul Kaum Milenial, Sayap Partai PDIP Gelar Piala Sooor BantengPDI Perjuangan melalui Sayap Organisasi Partai (Sooor) menggelar Piala Sooor Banteng Sumut sebanyak 10 seri di Sumatera Utara (Dok. IDN Times)

Ogi mengingatkan Piala Sooor Banteng ini tersisa 7 seri lagi dan ia mengajak seluruh anak muda berbakat di bidang yang dikompetisikan segera mendaftar dan memeriahkan kegiatan ini. 

Seri IV wilayah Palas, Paluta, Tapsel, Sidimpuan dan Madina akan digelar pada 20 November 2022 di kantor DPC PDIP Paluta, Gunung Tua.

Seri V wilayah Labuhanbatu, Labura, dan Labusel pada 22 November 2022 di Kantor PDIP Labusel.

Seri VI wilayah Taput, Tapteng, Humbahas, Toba, Samosir, Sibolga akan digelar pada 26 November 2022 di kantor PDIP Doloksanggul, Humbahas.

Seri VII wilayah Nias, Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat, dan Gunung Sitoli akan digelar pada 26 November 2022 di De'Pakar Resto Gunung Sitoli.

Seri VIII wilayah Karo, Dairi, dan Pakpak Bharat pada 29 November 2022 di Didien Cafe & Resto.

Seri IX meliputi wilayah Binjai dan Langkat akan digelar pada 2 Desember 2022 di Alun-alun Stabat, Langkat.

Acara puncak akan dilaksanakan pada Seri X di Kota Medan pada tanggal 3-4 Desember 2022 di Lapangan Sejati Pratama Medan Johor, Medan.

"Turnamen ini tak sekadar seremonial, namun juga berjenjang hingga para juara di daerah akan bertemu di fase knock out hingga final. Bagi yang mau mendaftar kegiatan (turnamen) ini dan membutuhkan informasi, silakan kunjungi Instagram kita di @sooorbanteng,” jelas Ogi. 

“Kami juga berharap acara ini bisa rutin dilaksanakan khusus dalam merangkul kaum milenial untuk mencapai hattrik kemenangan pada tahun 2024,” tambah anggota DPRD Sumut ini.

3. Berharap organisasi lain menggelar kompetisi serupa

Rangkul Kaum Milenial, Sayap Partai PDIP Gelar Piala Sooor BantengPDI Perjuangan melalui Sayap Organisasi Partai (Sooor) menggelar Piala Sooor Banteng Sumut sebanyak 10 seri di Sumatera Utara (Dok. IDN Times)

Peserta Sooor Banteng Kategori Stand Up Comedy, David Lolodo Limbong mengaku senang dengan kompetisi ini. Pasalnya kompetisi stand up comedy sangat jarang ada di Kota Siantar dan Simalungun.

Ia berharap acara yang digelar oleh Sooor Banteng ini memicu organisasi-organisasi lain untuk menggelar kegiatan serupa. Sehingga dengan semakin banyaknya kompetisi, akan lahir bakat-bakat muda yang bisa bersaing di tingkat Sumut hingga ke tingkat nasional.

"Mustahil muncul atlet dan komika berbakat tanpa kompetisi. Saya dan teman-teman sangat berterima kasih kepada Bang Partogi Sirait selaku Ketua Banteng Muda Indonesia yang telah bisa membuat kegiatan ini. Dari sekian banyak acara yang dilakukan Ketua BMI telah memilih sand up comedy,” kata David.

Dengan adanya kompetisi seperti ini, David mengaku semangat berlatih ia dan teman-temannya di komunitas stand up comedy kembali bangkit.

“Acara kegiatan ini tidak dipungut biaya dan fasilitas juga disediakan. Kita di sini tinggal menampilkan atau menunjukkan talenta kita sendiri untuk ikut berlomba. Sangat luar biasa,” ucap pria 25 tahun yang akrab disapa Lolo ini.

Baca Juga: Banjir di Kota Medan, Warga Kampung Aur Naik ke Loteng Rumah

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya