Putri Sinambela, Korban Tenggelam di Danau Toba Dimakamkan Sore Ini

Sekolah dan keluarga korban berdamai

Pematangsiantar, IDN Times - Siswi SMA Negeri 1 Pematangsiantar, Putri Margretty Sinambela ditemukan tewas tenggelam di perairain Danau Toba, Minggu pagi. Putri saat itu diketahui tengah mengikuti kegiatan sekolah Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami), di Aek Jordan, Ajibata, Kabupaten Toba Samosir.

Jenazah gadis 16 tahun itu disemayamkan di rumah duka, Jalan Mangga, Kecamatan Siantar Marihat. Rencananya, anak tunggal itu akan dimakamkan pada Senin (23/9) sore di TPU Kampung Kristen, Siantar Marihat.

1. Perjusami merupakan agenda tahunan

Putri Sinambela, Korban Tenggelam di Danau Toba Dimakamkan Sore IniIDN Times/Gideon Aritonang

Dari keterangan Kepala Sekolah SMAN 1 Pematangsiantar, Bona Sihombing, kegiatan di bawah komando OSIS yang diikuti 13 organisasi sekolah itu merupakan agenda tahunan. Saat ini sudah berjalan di tahun ke-4.

Saat ditanya sikap sekolah atas kegiatan yang memakan korban itu, Bona Sihombing menjawab ketidakpastian. Awalnya Bona mengatakan, pihaknya akan mengajak para siswa untuk meniadakan di tahun selanjutnya.

"Tapi kalau anak-anak memaksa seterusnya, atau kalau demo mereka, terpaksa kita maui," kata Bona saat ditemui di rumah duka, Senin (23/9).

Baca Juga: Meninggal di Danau Toba, Putri Pernah Tulis tentang Kematian di Sosmed

2. Tidak dikutip biaya, memakai dana pendidikan sekolah

Putri Sinambela, Korban Tenggelam di Danau Toba Dimakamkan Sore IniIDN Times/Gideon Aritonang

Bona juga menanggapi informasi yang beredar jika tiap siswa yang mengikuti Perjusami dikutip biaya. "Tidak ada, kami tidak ada mengutip biaya dari Perjusami yang berangkat ke Ajibata," tegasnya.

"Itu sudah terkumpul, terkutip di dana pendidikan yang sudah dibuat oleh sekolah,"lanjutnya.

3. Keluarga, sekolah dan pihak pengelola hotel sepakat berdamai

Putri Sinambela, Korban Tenggelam di Danau Toba Dimakamkan Sore IniDok. IDN Times/IStimewa

Setelah kematian Putri Sinambel, SMA Negeri 1 Pematangsiantar telah mengadakan pertemuan dengan keluarga dan pengelola hotel Jorda, yang menjadi lokasi perkemahan Putri dan kawan-kawan.

Bona mengaku, ketiga pihak telah sepakat berdamai. "Ya segala sesuatu yang ada pembiayaan maupun apa-apa saja yang dibutuhkan di saat pemakaman, kami tanggung bersama," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ketiga pihak juga telah diperiksa kepolisian. Dalam hal ini penanggung jawab kegiatan, Bona mengaku telah menceritakan kronologis kejadian sepanjang yang ia ketahui.

Baca Juga: Ikut Kegiatan OSIS, Putri Margaret Tewas Tenggelam di Danau Toba

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya