Presiden Jokowi Resmikan Terminal dan Dermaga Pelabuhan Sibolga

Anggaran sebesar Rp 289,1 M untuk pengembangan pelabuhan

Sibolga, IDN Times - Bertolak dari bandar udara FL Tobing Pinang Sori, presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke pelabuhan Sibolga, Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (17/3) siang.

Dalam kunjungannya untuk kedua kalinya ke Kota Sibolga ini merupakan pembuktian janji presiden untuk melihat langsung hasil pekerjaan pembangunan perluasan dan pengembangan pelabuhan Sibolga, sekaligus meresmikannya.

Baca Juga: Setengah Tahun Bersabar Diterpa Hoaks, Akhirnya Jokowi Angkat Bicara

1. Jadi pelabuhan terbesar di Pantai Barat Sumatera Utara

Presiden Jokowi Resmikan Terminal dan Dermaga Pelabuhan SibolgaIlustrasi pelabuhan. (Istimewa/Pelindo I)

Pelabuhan Sibolga yang diresmikan Jokowi ini adalah operasional terminal penumpang dan dermaga Pelabuhan Sibolga yang sebelumnya telah diplot sebagai pelabuhan terbesar di Pantai Barat Sumatera Utara.

Proyek yang telah rampung ini dibangun akhir 2018 yang lalu. Bersamaan proyek perpanjangan dermaga kapal ferry, pengerukan laut dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

Proyek pengembangan Pelabuhan Sibolga ini dikerjakan secara tahun jamak oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk, dimulai setelah proses ground breaking, pada 20 Agustus 2016 silam.

2. Anggaran sebesar Rp 289,1 miliar untuk pengembangan Pelabuhan Sibolga

Presiden Jokowi Resmikan Terminal dan Dermaga Pelabuhan SibolgaDokumentasi/Pelindo I

Pada saat ground breaking, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan, pengembangan Pelabuhan di Sumut sangat diperlukan, termasuk di kawasan Pantai Timur Sumut seperti Belawan, Kuala Tanjung dan Pelabuhan Sibolga yang berada di Pantai Barat.

"PT Pelindo I telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 289,1 miliar untuk pengembangan Pelabuhan Sibolga. Tahap awal akan dibangun terminal penumpang, penambahan panjang dermaga ferry, pengerukan laut serta pembangunan sejumlah fasilitas untuk melengkapi kelancaran pelayanan jasa kepelabuhanan," ujar Budi.

3. Terminal pelabuhan seperti bandara, Ada ruang VIP dan Imigrasi

Presiden Jokowi Resmikan Terminal dan Dermaga Pelabuhan SibolgaDokumentasi/Pelindo I

General Manager (GM) PT Pelindo I Cabang Sibolga, Agust Deritanto yang dihubungi beberapa waktu lalu menjelaskan, Terminal Pelabuhan Sibolga dibangun tiga lantai dengan luas 300 meter persegi.

Terminal ini dibangun mirip bandara, di dalamnya ada ruang tunggu, ruang VIP, ruang menyusui, ruang panel, ruang perkantoran untuk Syahbandar, Imigrasi, Kesehatan, Karantina, ruang loket dan lainnya.

Semua penumpang akan melewati tangga belalai (Garbarata) atau jembatan langit (fly over) yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke dermaga pelabuhan.

Baca Juga: [BREAKING] Kunker ke Sibolga, Presiden Jokowi Disambut Akbar Tanjung

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya