Positif COVID-19, Lisa Tetap Mendaftar Bacalon Wali Kota Binjai ke KPU

Ada dua bapaslon yang mendaftar hari ini

Binjai, IDN Times - Hari pertama pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai, dibuka hari ini, Jumat (4/9/2020). Ada hal yang sempat menjadi pergunjingan dan kekhawatiran bagi penyelenggara dan khalayak ramai yang hadir.

Dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Binjai, Sumatera Utara, sejajaran dan seluruh masyarakat yang ingin menyaksikan langsung proses pendaftaran. Ini dikarenakan hasil uji swab Lisa, yang diterima KPU Binjai positif COVID-19.

1. Awalnya tidak membawa bukti hasil swab test

Positif COVID-19, Lisa Tetap Mendaftar Bacalon Wali Kota Binjai ke KPUBapaslon Lisa dan Sapta Bangun, datang ke kantor KPU Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Dari amatan di lapangan, rombongan Bapaslon Lisa dan Sapta Bangun, datang ke kantor KPU Binjai Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Sumatera Utara, Jumat (4/9/2020) sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka didampingi para ketua parpol koalisi dan para simpatisan.

Sebelum mendaftar, Paslon Lisa-Sapta dan para pendamping terlebih dahulu menjalani protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dan memeriksa suhu tubuh. Lisa dan Sapta Bangun, sempat duduk di kursi yang telah disediakan. Pendaftaran dilakukan pasangan ini ditemukan sedikit kendala. Dimana Paslon Lisa-Sapta belum membawa hasil swab sebagai bukti apakah terpapar COVID-19 atau tidak.

Baca Juga: Melirik Vespa Tunggangan Menantu Jokowi di KPU, Harganya Puluhan Juta

2. Setelah beberapa lama, akhirnya berkas dinyatakan lengkap

Positif COVID-19, Lisa Tetap Mendaftar Bacalon Wali Kota Binjai ke KPUBapaslon Lisa dan Sapta Bangun, datang ke kantor KPU Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Sehingga pihak tim meski melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan dimassa bencana non alam yakni Virus COVID-19. Sehingga tim pemenangan Lisa-Sapta, harus melengkapi berkas. Akhirnya pukul 16.00 WIB, berkas pendaftaran diterima. Petugas KPU yang ditunjuk sebagai tim verifikator langsung melakukan pemeriksaan berkas.

Usai mendaftar, calon Wakil Wali Kota Binjai Sapta Bangun, menegaskan semua berkas sudah dipenuhi dan sudah diserahkan. "Tadi sama-sama kita saksikan, bahwa berkas sudah lengkap termasuk hasil swab," kata Sapta Bangun.

"Kami berharap agar partai pengusung tetap solid untuk meraih kemenangan bersama. Terkait hasil swab, nanti bisa tanyakan langsung ke KPU," tambah Sapta.

3. Lisa harus jalani isolasi dan uji kesehatan kembali

Positif COVID-19, Lisa Tetap Mendaftar Bacalon Wali Kota Binjai ke KPUBapaslon Lisa dan Sapta Bangun, datang ke kantor KPU Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Ketua KPU Kota Binjai Zulfan Efendi mengakui, diketahuinya Lisa, positif terpapar COVID-19 berdasarkan hasil swab yang diterima pihaknya dari Klinik Bunda Thamrin. Meskipun hasil positif, akan tetapi hal ini tidak menggugurkan pencalonan Wali Kota dan Wakil Walikota Binjai.

"Untuk Lisa, diwajibkan isolasi mandiri selama 14 hari dan harus memeriksakan kesehatan lagi di RSU Adam Malik setelah 14 hari kedepan," kata dia.

Zulfan menegaskan, disaat hasil swab positif, Lisa yang sempat hadir langsung meninggalkan KPU. "Ini memang aturannya. Tidak hanya bagi paslon, setiap masyarakat yang positif COVID-19 juga harus mengikuti protokol kesehatan dengan melakukan isolasi mandiri," imbuhnya.

Selain Bapaslon Lisa dan Sapta Bangun. Hari pertama pendaftaran kali ini. Bapaslon Rahmad Sorialam dan Usman Zafar, juga mendaftarkan diri. Berkas mereka diterima KPU dan dinyatakan lengkap serta selanjutnya berkas kedua Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, akan diverifikasi.

Baca Juga: Mendaftar Ke KPU, Ini 3 Program Utama Bobby Nasution-Aulia Rahman

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya