Pilkades Serentak di Palas, 692 Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan

Pilkades di Paluta juga digelar hari ini

Padang Lawas, IDN Times - Kepolisian Daerah Sumatera Utara memberangkatkan 550 personel yang akan melaksanakan tugas pengamanan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak diwakili Direktur Samapta Polda Sumut Kombes Pol Bambang Sigit Priyono, memimpin upacara pemberangkatan personel pengamanan di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Senin (11/7/2022).

Kapolda menyebutkan, 550 personel yang diberangkatkan terdiri atas Brimob, Sabhara, Intel, Reskrim, Propam serta Bintara Remaja.

"Polda Sumut beserta jajaran telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan mitra kamtibmas untuk melakukan pengamanan tahapan Pilkades mulai persiapan, pencalonan pemungutan suara, hingga penetapan calon dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif agar situasi tetap aman dan kondusif," ucapnya.

Selain itu ada pula BKO dari Polres Padang Lawas sebanyak 142 personil. Total kekuatan personil Polri yang di libatkan dalam pengamanan Pilkades berjumlah 692 personil. 

Baca Juga: Menyesal Usai Bunuh Pacarnya, Pria di Siantar Datangi Kantor Polisi

1. Kapolda ingatkan personel jaga kesehatan

Pilkades Serentak di Palas, 692 Polisi Dikerahkan untuk PengamananPelaksanaan Pilkades salah satu TPS di Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Panca berharap, kepada personel untuk benar-benar menjalankan tugas sehingga Pilkades di Kabupaten Palas berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

"Tentunya bersama TNI, pemerintah daerah serta pemangku kepentingan turut menyampaikan kepada panitia pemilihan dan masyarakat pemilih untuk selalu mematuhi protokol kesehatan," jelasnya.

Kapolda juga mengucapkan, terima kasih kepada seluruh personel yang ditugaskan dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkades di Kabupaten  Palas.

"Saya berharap semua personel yang di BKO dalam Pilkades di Palas untuk selalu menjaga kesehatan," kata Kapolda Sumut.

2. Pilkades di Paluta juga digelar hari ini

Pilkades Serentak di Palas, 692 Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan-

Kapolda juga mengajak masyarakat menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Padang Lawas (Paluta) yang juga digelar serentak hari ini, Selasa (12/7/2022(.

Panca mengatakan, peran serta masyarakat sangat penting dalam menciptakan situasi aman dan kondusif sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

"Kami mengajak seluruh komponen masyarakat berpartisipasi aktif menciptakan situasi yang damai dan membantu pihak Kepolisian guna menjaga ketertiban dan keamanan pelaksanaan Pilkades," ucap Panca, di Medan, Senin.

Panca menyebutkan, tidak hanya masyarakat, unsur pemerintah kabupaten dan pemangku kepentingan terkait berpartisipasi dalam mewujudkan Pilkades aman dan damai.

"Masyarakat juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ujarnya.

3. Turunkan personel untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan

Pilkades Serentak di Palas, 692 Polisi Dikerahkan untuk PengamananIlustrasi anggota kepolisian. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Ia menjelaskan, sebanyak 550 personel Polda Sumut dan Polres jajaran telah diturunkan untuk mengamankan Pilkades di Kabupaten Paluta.

Diturunkannya personel tersebut untuk membantu Polres setempat dalam rangka pengamanan dan mengantisipasi terjadinya kerusuhan selama berlangsungnya Pilkades.

"Sampai saat ini situasi Kamtibmas masih dalam kondisi aman dan kondusif, kita berharap dapat tetap demikian hingga pesta demokrasi selesai," kata Kapolda Sumut.

Baca Juga: Rekam Jejak Lili Pintauli, Perempuan Batak yang Mundur dari KPK

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya