Peringati Maulid Nabi, DPP Aceh Sepakat Sumut Undang Ustaz Abdul Somad

Lebih dari 4 Ribu orang memadati Masjid Raya Aceh Sepakat

MEDAN, IDN Times -  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aceh Sepakat Sumatera Utara menggelar peringatan Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad SAW dengan tema Spirit Nabi Muhammad SAW: Menebar Cinta, Menjalin Ukuwah yang terlaksana di Masjid Raya Aceh Sepakat dan Balai Raya Aceh Sepakat Jalan Sei Mengkara No 2 Medan, Selasa (2/11/2021).

Pada acara ini Aceh Sepakat mengundang Ustaz Abdul Somad sebagai penceramah. 

Lebih dari 4 ribu orang dari 33 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Aceh Sepakat di Sumatera Utara (Sumut), Ancab dan masyarakat umum hadir pada acara ini.

Meski ramai, namun pelaksanannya tetap dengan menjalankan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Baca Juga: Istri Pamer Uang di Tiktok, Kapolres Tebingtinggi Dicopot

1. Acara ini membuktikan orang Aceh begitu solid

Peringati Maulid Nabi, DPP Aceh Sepakat Sumut Undang Ustaz Abdul SomadDPP Aceh Sepakat Sumatera Utara menggelar peringatan Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad SAW, Selasa (2/11/2021). (Dok. IDN Times)

Ketua Umum (Ketum) DPP Aceh Sepakat Sumatera Utara H Mukhtar SH MM mengaku pelaksanaan kegiatan tersebut bisa terselenggara dalam waktu yang sangat singkat, yakni dipersiapkan selama delapan hari.

“Jadi pelaksanaan Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad SAW ini terlaksana hanya dalam delapan hari saja. Ini membuktikan bagaimana kita orang Aceh ini begitu solid,” terang Mukhtar di sela-sela acara.

“Dengan acara ini kita mengharapkan melalui syiar Maulid Nabi Muhammad yang implementasi tauladan Nabi ke dalam organisasai Aceh Sepakat Sumatera Utara akan meningkatkan ukhuwah yang lebih baik,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu Mukhtar juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut bukan lagi merupakan konsolidasi.

“Kita sudah bersama-sama dan tidak ada kelompok-kelompok. Kalaupun ada di luar sana, itu hanyalah perbedaan pendapat yang harus dimaklumi,” terangnya. “Yang terpenting rasa kebersamaan harus dibangun.”

Ia sangat mengapresiasi kesiapan pengurus DPP Aceh Sepakat Sumut yang telah menyiapkan hingga terlaksananya acara tersebut dengan semarak.

“Boleh dilihat dalam delapan hari kita siapkan halaman parkir yang lebih luas, Balai Raya Aceh Sepakat juga terus kita perindah. Inilah bentuk kesatuan kita masyarakat Aceh yang sepakat dengan tanpa meminta bantuan sumbangan dari manapun,” paparnya.

2. Aceh Sepakat Sumatera Utara hanya ada satu tidak ada dualisme

Peringati Maulid Nabi, DPP Aceh Sepakat Sumut Undang Ustaz Abdul SomadDPP Aceh Sepakat Sumatera Utara menggelar peringatan Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad SAW, Selasa (2/11/2021). (Dok. IDN Times)

Ketua Bidang Hukum DPP Aceh Sepakat Sumatera Utara Saifuddin memaparkan, organisasi Aceh Sepakat Sumatera Utara merupakan kelanjutan atau kesinambungan dari Aceh Sepakat yang didirikan pada 31 Desember 1968 di Medan dengan tujuan utama menggalang persatuan dan kesatuan anggota.

“Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, memupuk ukhuwah dan menyebarluaskan dakwah Islamyah,” terangnya.

Tujuan mulia lainnya adalah meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan anggota serta mempertinggi derajat hidup masyarakat Aceh dan martabat bangsa Indonesia untuk kepentingan sesama manusia.

Serta organisasi Aceh Sepakat juga ingin menggairahkan anggota dan masyarakat untuk bersedekah, memberi wakaf, menyumbang dan beramal, membantu anggota yang ditimpa musibah.

“Berdasarkan Pasal 5 Anggaran Dasar Aceh Sepakat Hasil Muslub I tgl 1 November 1997 organisasi ini bersifat kemasyarakatan Islam tidak menganut sesuatu aliran politik, inilah Aceh Sepakat Sumut organisasi sosial non profit,” terangnya.

Kembali ia menerangkan, Organisasi Aceh Sepakat Sumut telah berbadan hukum berdasarkan SK.Dirjen Ahu Kemenkumham RI No.AHU - 0004335.AH.01.07.TAHUN 2021 tgl.7 April 2021 dan mendapat legitimasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera utara cq. Badan KesbangPol dengan SK.Melapor No.220-913/BKB.P/IV/2021 Tgl.12 April 2021 dan Pengurus DPP/ DM Aceh Sepakat Sumut telah dikukuhkan Oleh Gubsu Edy Rahmayadi.

“Jadi Aceh Sepakat Sumatera Utara hanya ada satu tidak ada dualisme, yaitu di bawah Kepemimpinan H.Mukhtar,SH, MM selaku Ketum dan Dr Azwir Agus SH, M.Hum sebagai Sekum serta Ketua Dewan Musapat Aceh sepakat sumut Ir H Sabri Basyah,” pungkasnya.

3. Dilakukan pengukuhan Yayasan Aceh Sepakat

Peringati Maulid Nabi, DPP Aceh Sepakat Sumut Undang Ustaz Abdul SomadDPP Aceh Sepakat Sumatera Utara menggelar peringatan Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad SAW, Selasa (2/11/2021). (Dok. IDN Times)

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan pengukuhan Yayasan Aceh Sepakat dengan Ketua Umum H Armein Rusdin Jusuf, Sekum Rony Fhebrian dan Bendum H Boy Hermansyah.

Selanjutnya juga dilaksanakan pengukuhan Dewan Pengurus dan Dewan Pertimbangan DPC II Medan Baru dengan struktur Dewa Pertimbangan Ketua Dijabat Drs H Ali A Jusni, Sekretaris H Abdul Wahab Yahya. Sementara struktur DPC II diketuai Dr Ir M Sabri, MT IPM Asean Eng, Sekretaris Lukman Sulaiman dan Bendahara H Hasbi Mustafa, SE.
Dan pada acara puncaknya, malam pelaksanaan Maulid Nabi Besar Muhammad yang dihadiri kuranglebih 5000 masyarakat ditutup dengan ceramah ustad kondang Prof H Ustad Abdul Somad LC. 

Baca Juga: Sah! Mukhtar Kukuhkan DPC Aceh Sepakat Kota Binjai

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya