Pendaftaran CPNS Sudah Dibuka, Pemko Binjai Buka 84 Formasi

Kabupaten Langkat masih menyusun, tahun depan ajukan formasi

Binjai, IDN Times - Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 telah ditandatangani dan diumumkan. Pemerintah Kota (Pemko) Binjai sendiri mendapat jatah 84 formasi.

Sementara untuk Kabupaten Langkat, sejauh ini belum ada mengajukan formasi penerimaan CPNS.

1. Masih menyusun, tahun depan ajukan formasi

Pendaftaran CPNS Sudah Dibuka, Pemko Binjai Buka 84 FormasiDok. BKN

Plt Kepala Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Romarlan Harahap mengatakan, tahun ini memang belum ada mengajukan formasi CPNS. Pun begitu, pihaknya sudah menyusun formasi CPNS dan diwacakan tahun depan akan diajukan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Tahun ini memabg belum ada kita ajukan, kemungkinan tahun depan dan sejauh ini kita masih menyusun formasi apa saja yang dibutuhkan," kata Romarlan Harahap, Senin (11/11/2019).

Dirinya menambahkan, bahwa berdasarkan sepengetahuannya untuk tahun ini ada 7 Kabupaten/ Kota, yang tidak mengajukan formasi CPNS. Salah satunya adalah Kabupaten Langkat. "Kita berharap, tahun depan apa yang kita usulkan dapat diterima," tegasnya.

Baca Juga: [BREAKING] CPNS 2019, Laman Daring Pemprov Sumut Tak Bisa Diakses 

2. Tenaga kesehatan dan admitrasi paling banyak dibutuhkan

Pendaftaran CPNS Sudah Dibuka, Pemko Binjai Buka 84 FormasiIDN Times/Handoko

Kepala Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Binjai Amir Hamzah mentakan, untuk penerimaan CPNS tahun ini pihaknya sudah mengajukan BKN dan disetujui 84 tenaga CPNS.

"Kalau rincianya, para pelamar bisa melihat melalui website secara langsung. Tapi kalau untuk jumlah formasinya, kita ada 84 tenaga CPNS yang dibutuhkan Pemko Binjai. Pemko Binjai paling banyak butuh tenaga kesehatan dan administrasi," jelasnya.

3. Sedang menunggu perkembangan dari BKN

Pendaftaran CPNS Sudah Dibuka, Pemko Binjai Buka 84 FormasiPendaftaran CPNS (sscn.bkn.go.id)

Amir Hamzah mengatakan, pengumuman disampaikan melalui surat bernomor B/1069/M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di lingkungan pemerintah pusat dan daerah. Namun, untuk jadwal ujian CPNS Kota Binjai belum dapat diumumkan.

"Untuk ujian dan lokasinya, kami sedang berkoordinasi dengm Badan Kepegawaian Negeri (BKN). Dari luar bisa mendaftar untuk PNS di Binjai, dari Binjai juga bisa tes di luar Binjai. Kan PNS NKRI. Pengumuman akan diikuti dengan pembukaan pendaftaran secara online lewat situs https://sscasn.bkn.go.id pada bulan November mendatang," katanya.

4. Hati-hati terhadap calo, ini dokumen yang dibutuhkan pelamar

Pendaftaran CPNS Sudah Dibuka, Pemko Binjai Buka 84 FormasiDok. BKN

Dokumen yang perlu disiapkan CPNS 2019 untuk diunggah ke dalam portal SSCASN di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi masing-masing.

Amir Hamzah mengimbau kepada CPNS untuk berhati-hati dan menolak tawaran calo-calo yang mengiming-imingi bisa memjamin kelulusan PNS. Ditegaskan Amir sistem penerimaan PNS saat ini sudah sangat baik, dan murni hasil tes.

"Jangan percaya sama calo yang menjanjikan kelulusan. Ini murni sudah baik dengan sistem CAT yang dibuat pemerintah. Pokoknya jangan tergiur, mau anak pejabat apapun itu tetap tidak bisa pakai bantuan calo-calo atau siapa pun. Zaman sekarang semua murni benar-benar hasil tes ujian," pungkasnya.

Baca Juga: Pengumuman CPNS 2019 Mulai Dibuka, Ini 5 Tips Agar Kamu Lolos Seleksi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya