Patuhi Protokol Kesehatan, Ini Potret New Normal di Pelabuhan Sibolga

Ada petugas operasional yang siaga melakukan pengawasan

Sibolga, IDN Times - Per 13 Juli 2020 PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 melayani penumpang kapal di pelabuhan dengan penerapan dan pengawasan prosedur protokol kesehatan yang ketat oleh Pelindo 1.

Pelindo 1 selaku operator pelabuhan yang juga mengelola terminal penumpang telah menyiapkan skema pelayanan penumpang di seluruh terminal di wilayah kerjanya, termasuk Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga.

“Skema ini diterapkan untuk memastikan seluruh kegiatan di terminal penumpang selama masa adaptasi kebiasaan baru sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19," jelas VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pelindo 1 Rombak Pejabat, Ada Nama Arman Depari di Jajaran Komisaris

1. Ada petugas operasional yang siaga melakukan pengawasan

Patuhi Protokol Kesehatan, Ini Potret New Normal di Pelabuhan SibolgaPotret suasana New Normal di Pelabuhan Pelindo 1 Cabang Sibolga (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Menurutnya penerapan protokol kesehatan di area Terminal Penumpang di awali sejak kapal akan bersandar di pelabuhan, bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani setelah berstatus bebas karantina.

Selanjutnya untuk pelayanan penumpang, diwajibkan untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang menggunakan thermal scanner dan thermal gun, wajib menggunakan masker, penerapan physical distancing dan adanya petugas operasional yang siaga melakukan pengawasan.

“Di areal terminal penumpang juga sudah dilengkapi fasilitas kesehatan seperti hand sanitizer, fasilitas cuci tangan, dan penyemprotan barang-barang bawaan penumpang dengan desinfektan," jelas Fiona.

Untuk alur pelayanan penumpang naik, seluruh calon penumpang harus melewati pemeriksaan oleh KKP terlebih dahulu, seperti pengecekan suhu tubuh, validasi surat hasil Rapid test, pengecekan e-hac (electronic health alert card) dan pemeriksaan nadi menggunakan pulse oximeter. Selanjutnya calon penumpang memasuki counter check in, kemudian menuju ruang tunggu dan masuk ke kapal melalui garbarata. Di setiap check point telah disediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer serta petugas operasional yang siaga memantau.

2. Pelayanan kapal domestik dan internasional juga dilakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat

Patuhi Protokol Kesehatan, Ini Potret New Normal di Pelabuhan SibolgaPotret suasana New Normal di Pelabuhan Pelindo 1 Cabang Sibolga (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Menurut Fiona, Pelindo 1 selalu memastikan keamanan dan kesehatan seluruh petugas terutama yang berada di barisan depan dalam pelayanan operasional dengan mewajibkan seluruh petugas untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), masker, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima demi kepentingan masyarakat.

“Tidak hanya pelayanan kapal penumpang, untuk pelayanan kapal domestik dan internasional juga dilakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Penerapan protokol kesehatan di tengah pandemik ini merupakan upaya Pelindo 1 untuk tetap bisa menjalankan pelayanannya kepada masyarakat, dan juga upaya dalam mencegah penyebaran COVID-19," ungkap Fiona.​

3. Peraturan ketat juga diberlakukan untuk penumpang yang turun dari kapal

Patuhi Protokol Kesehatan, Ini Potret New Normal di Pelabuhan SibolgaPotret suasana New Normal di Pelabuhan Pelindo 1 Cabang Sibolga (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Manager Keuangan dan Umum Pelindo 1 Cabang Sibolga Bapak Ahmad Sofyan menjelaskan untuk pelayanan penumpang turun dari kapal, tetap diterapkan protokol kesehatan.

Petugas akan mengatur jarak antar penumpang agar turun secara bertahap. Selanjutnya wajib cuci tangan saat turun dari garbatara, kemudian pengukuran suhu tubuh, validasi healthy card oleh petugas KKP dan penyemprotan barang bawaan dengan desinfektan.

Pengawasan juga dilakukan secara ketat, agar kejadian seperti surat rapid test palsu yang dibawa calon penumpang dari Sibolga menuju Nias beberapa waktu lalu tidak terulang lagi.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan, Pelindo 1 Lhokseumawe Lakukan Ekspansi Bisnis

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya