MyPertamina Diterapkan di Siantar, Pengelola SPBU Siap Mendukung

Pertamina mendirikan booth mendaftar MyPertamina

PT Pertamina Regional Sumbagut menunjuk Kota Pematangsiantar dan Sibolga sebagai pilot project penerapan aplikasi MyPertamina kepada para pengguna manfaat BBM bersubsidi di Sumatra Utara.

Pihak Pertamina pun mulai melakukan sosialisasi pendaftaran/registrasi kepada pengguna di kedua kota tersebut.

Pjs. Sales Branch Manager Rayon III Pertamina MOR I - Ahmad Fernando yang ditemui di SPBU 14211205 Jalan Ahmad Yani Kota Pematangsiantar mulai melakukan sosialisasi, Kamis (21/7/2022). Pihaknya mendirikan booth untuk masyarakat yang ingin mendaftar di MyPertamina maupun situs resmi subsiditepat.mypertamina.id

Baca Juga: Viral Foto Beri Bantuan Rp 20 Juta, BRI: Itu Modus Penipuan

1. 60 persen pengguna BBM bersubsidi masih belum tepat sasaran

MyPertamina Diterapkan di Siantar, Pengelola SPBU Siap MendukungPromo MyPertamina. (IDN Times/Istimewa).

Fernando menyampaikan, apa yang dilakukan PT Pertamina adalah amanah dari pemerintah untuk memilah masyarakat yang layak dan tidak layak menerima BBM bersubsidi.

“PT Pertamina Sumbagut mulai pendataaan atau registrasi pengguna BBM bersubsidi di Sumatera Utara, dan kali ini di dua titik yaitu Pematangsiantar dan Sibolga. Program ini adalah program pemerintah yang ditunjuk kepada Pertamina untuk menyediakan tools pendataan siapa saja pengguna BBM subsidi,” kata Fernando.

Berdasarkan catatan Pertamina, 60 persen pengguna BBM bersubsidi masih belum tepat sasaran. Masih banyak pemilik/pengguna mobil mewah mengisi pertalite dan solar, maka dengan adanya penyalahgunaan ini, Pertamina merasa perlu untuk meregistrasi siapa saja yang harus menerima subsidi ini.

“Di Siantar kita mulai sosialisasi pendaftaran di dua SPBU, yaitu SPBU 14211205 Jalan Ahmad Yani dan SPBU 14211277 Jalan Sisingamangaraja mulai tanggal 19 Juli 2022 kemarin. Kita akan terus bergeser ke SPBU-SPBU yang ada di Pematangsiantar selama dua bulan ini,” katanya.

2. Targetnya MyPertamina sudah resmi diwajibkan pada Oktober atau November

MyPertamina Diterapkan di Siantar, Pengelola SPBU Siap MendukungInstagram.com/@mypertamina

Nantinya, setelah dua bulan sosialisasi pendaftaran/registrasi pengguna BBM Subsidi jenis Solar dan Pertalite untuk pengguna roda empat atau lebih, pihaknya menargetkan pada bulan Oktober-November 2022, resmi mewajibkan adanya aplikasi MyPertamina.

“Estimasi di bulan 10 atau 11 di Siantar kita sudah mulai implementasi bio solar dan pertalite,” kata Fernando.

3. Pengelola SPBU di Simalungun kami siap mendukung program ini

MyPertamina Diterapkan di Siantar, Pengelola SPBU Siap MendukungKonsumen melakukan transaksi nontunai menggunakan MyPertamina saat mengisi BBM di SPBU. (IDN Times/Istimewa)

Seorang pengusaha SPBU di Kabupaten Simalungun, Petrus Stuart Miller Sirait menyampaikan, pihaknya sudah mendapatkan arahan dari Pertamina untuk sosialisasi hingga penerapan penggunaan barcode dalam pembelian BBM bersubsidi nantinya.

Petrus juga menyampaikan, dirinya maupun karyawan sudah dilatih untuk melayani pembelian BBM subsidi via barcode. Apalagi konsep ini merupakan hal baru bagi masyarakat.

“Sebagai salah satu pengelola SPBU di Simalungun kami siap mendukung program subsidi tepat, agar pihak yang benar-benar layak bisa mendapatkan subsidi,” katanya.

“Kepada anggota kita akan latih scan EDC. Perlu diluruskan juga informasi yang berkembang, bahwa barcode itu tidak hanya dari (menunjukkan) aplikasi dari handphone, ternyata bisa diprint juga. Sehingga kemarin ada kekhawatiran bahwa tidak punya android bagaimana? Itu kita bantu,” katanya.

Baca Juga: Viral, Video Diduga Penutupan Jambore Daerah Sumut Pakai Musik Dugem

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya