Musa Rajekshah, Pecinta Otomotif yang Jadi Wakil Gubernur Sumut

Ini Profil Musa Rajekshah alias Ijeck

Musa Rajekshah berasal dari Medan dan lahir 1 April 1974 dan sekarang sudah memasuki usia 47 tahun. Lebih dikenal dengan sapaan ‘Ijeck’ di masyarakat. Musa merupakan anak kedelapan dari sembilan dari orang tuanya yang bernama H. Anif dan Hk. Syarifah Rahmah.

Keluarga Musa Rajekshah merupakan keluarga yang cukup terkenal di Sumatera Utara. Namun hal itu tidak membuat Musa Rajekshah merasa puas dan sombong dengan dirinya sendiri.

Yuk simak kisah perjalanannya hingga jadi Wakil Gubernur Sumut:

1. Musa memiliki minat di bidang otomotif dan bergabung dengan komunitas Harley

Musa Rajekshah, Pecinta Otomotif yang Jadi Wakil Gubernur SumutIDN Times/Doni Hermawan

Musa Rajeckshah menempuh jenjang pendidikan SD di SD Harapan Medan tahun 1980-1986. Lalu melanjutnya ke jenjang SMP di SMP Harapan Medan tahun 1986-1989, kemudian menempuh SMA di SMU Harapan Medan tahun 1989-1992.

Setelah lulus SMA, Musa meneruskan pendidikannya Sarjana di Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) di Medan dan kemudian melanjutnya di tingkat Magister di Universitas Sumatera Utara (USU).

Semua kesuksesan yang telah diraih Musa saat ini bukan didapat dengan cara yang mudah. Meskipun memiliki orang tua yang terkenal sukses di Sumatera Utara, Musa tetap berusaha dan mengalami proses yang tidak terbilang instan untuk mewujudkan semua cita-citanya. 

Musa memiliki minat di bidang otomotif yang tidak jauh beda dengan ayahnya. Pada tahun 1996, ayahnya aktif di dalam komunitas Harley Davidson. 

Kemudian pada tahun 2004, Musa atau yang sering dijuluki Ijeck mulai meneruskan komunitas yang pernah ditekuni oleh sang ayah tercinta H.Anif. Musa bergabung pada komunitas Harley. 

Dengan bergabung di komunitas Harley ini mengantarkan Musa untuk meraih beberapa penghargaan di dunia otomotif.

Baca Juga: Sah Jadi Kakek, Ini Arti Nama Cucu Pertama Wagub Musa Rajekshah

2. Menjadi Ketua Umum Pengprov IMI Sumatera Utara sejak tahun 2003

Musa Rajekshah, Pecinta Otomotif yang Jadi Wakil Gubernur SumutIDN Times/Doni Hermawan

Ketika berusia remaja, lintasan reli sudah menjadi sahabat sejatinya. Mobil Toyota Hardtop dan Corolla DX pernah menjadi mobil andalan Musa saat remaja. Penghargaan yang berhasil diraihnya yaitu urutan II Speed of Road Nasional dan atlet nasional tahun 2005. 

Menjadi Ketua Umum Pengprov IMI Sumatera Utara sejak tahun 2003 serta dipercayai sebagai pemimpin HDCI Sumatera Utara. Musa memiliki mimpi agar HDCI Sumatera Utara bisa membawa dampak yang baik untuk masyarakat. 

Musa Rajeckshah pun mencoba untuk masuk ke dunia politik dan pemerintahan. Pada awalnya bukan hal yang mudah untuk memasuki dunia politik dan pemerintahan.

Sebelumnya, Musa tidak pernah sekalipun mengambil bagian pada even-even politik termasuk saat dirinya sempat diisukan akan menduduki kursi jabatan Wali Kota Medan pada Pilkada Medan tahun 2015. 

Sempat menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan pada periode 2014 sampai sekarang. 

3. Ketua Yayasan Haji Hanif pada tahun 2014 dan berhasil memenangkan Pilgub Sumut 2018

Musa Rajekshah, Pecinta Otomotif yang Jadi Wakil Gubernur SumutIDN Times/Istimewa

Musa juga memiliki banyak pengalaman pekerjaan di beberapa perusahaan ternama, diantaranya yaitu menjabat sebagai komisaris PT Anugerah Sawindo di tahun 1997 sampai 2008.

Selain itu pernah menduduki posisi direktur PTR Kembang sepatu alam dan Direktur PT Sumatera Motor Indonesia. Musa Rajeckshah pernah menjadi pengawas Yayasan Haji Hanif dan mendapat kesempatan juga menjadi Ketua Yayasan Haji Hanif pada tahun 2014 hingga sekarang. 

Saat pemilihan umum Gubernur Sumatera Utara tahun 2018, Musa Rajekshah mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara mendampingi Edy Rahmayadi sebagai Gubernur Sumatera Utara.   

Lagi-lagi karena niat dan usaha yang keras sehingga bisa mengantarkannya pada posisi sekarang.

Dalam kehidupan pribadinya, Musa Rajeckshah menikah dengan wanita dambaan hatinya yaitu Sri Ayu Mihari dan telah dikaruniai empat orang anak yaitu Musa Arjiansyah, Putri Anninshah, Fakhira Nailashah, dan Musannif Shah. 

Baca Juga: Wagub Ijeck Sebut UMKM Perlu Membangun Brand untuk Bersaing

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya