Menteri Muhajir Apresiasi Buku Foto Jurnalistik Karya Said Harahap

Said merupakan fotografer Medan sekaligus dosen UMSU

Jakarta, IDN Times - Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof Dr Muhajir Effendi mengapresiasi buku berjudul 'Peristiwa Dalam Bingkai Fotojurnalistik' karya Dosen Komunikasi FISIP UMSU Dr. Muhammad Said Harahap,.S.Sos.M.I.Kom.

Hal tersebut disampaikannya saat menerima buku tersebut dari Said Harahap saat menghadiri Anugerah Pewarta Foto Indonesia ( APFI) 2021 di Perpustakaan Nasional Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (2/4/2021).

Menurutnya dedikasi seorang pewarta foto yang juga menggeluti bidang akademisi dibutuhkan dalam membantu mengembangkan kemajuan literasi fotografi dan fotojurnalistik.

1. Buku ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada banyak pihak

Menteri Muhajir Apresiasi Buku Foto Jurnalistik Karya Said HarahapFotografer Medan sekaligus Dosen UMSU, M Said Harahap (kanan) menyerahkan buku karyanya kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Dok. IDN Times)

Pada kesempatan itu, Dr.Muhammad Said Harahap,.M.I.Kom juga menyerahkan bukunya kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang juga hadir pada acara tersebut.

Dikatakanya, buku ini diharapkan memberikan inspirasi dan motivasi kepada berbagai pihak untuk turut berpartisipasi dalam upaya mencerdaskan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kebermanfaatan peran foto jurnalistik dalam menyampaikan pesan literasi melalui komunikasi visual, serta mewujudkan keseimbangan antar sesama dalam kehidupan bermasyarakat.

''Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, yang paling dipentingkan adalah implementasi, jangan asumsi, atau cuma omongan. Karena itu jurnalis yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia sangat penting," ujar Muhajir.

Muhajir Effendi dalam sambutannya pada acara APFI 2021 bercerita tentang pengalamannya saat menjadi wartawan foto ditahun 1970-an, ketika itu beliau menjadi jurnalis lepas untuk majalah dan media nasional.

Disela pertemuan tersebut Menteri PMK Prof Dr Muhajir Effendi menyampaikan salam dan doa kesehatan untuk Rektor UMSU Dr. Agussani M.AP.

Baca Juga: Raih PFI Kota Award, Jadi Penyemangat PFI Medan untuk Terus Berkarya

2. Said sosok fotografer yang memiliki kepedulian tinggi terhadap isu-isu konservasi khususnya sosial dan kemasyarakatan

Menteri Muhajir Apresiasi Buku Foto Jurnalistik Karya Said HarahapPFI Kota Medan meraih penghargaan Best Management Award pada Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2021 yang berlangsung di Auditorium Perpustakaan Nasional Jakarta pada Jumat (2/4/ 2021) sore. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Ketua Pewarta Foto Indonesia, Reno Esnir mengatakan, Muhammad Said Harahap dikenal sebagai sosok fotografer jurnalis yang memiliki kepedulian tinggi terhadap isu-isu konservasi khususnya sosial dan kemasyarakatan.

Kiprahnya yang hadir sebagai jurnalis selama lebih dari 20 tahun, dinilai telah menunjukkan peran penting media dalam menjembatani kebijakan, program dan kegiatan pemerintah kepada masyarakat. Serta menggugah kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya menjaga lingkungan hidup dan sosial, buku foto jurnalistik karya Muhammad Said Harahap menunjukkan kekuatan foto jurnalistik dalam membangun sebuah perubahan yang lebih baik lagi.

"Muhammad Said Harahap adalah sosok jurnalis yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan begitu akrab dengan dunia jurnalistik khusunya fotografi,'' kata Reno.

3. Nasehat Menteri PMK menjadi motivasi

Menteri Muhajir Apresiasi Buku Foto Jurnalistik Karya Said HarahapFotografer Medan sekaligus Dosen UMSU, M Said Harahap (kanan) menyerahkan buku karyanya kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Dok. IDN Times)

Sementara itu, Dr Muhammaf Said Harahap M.I.Kom menyatakan kegembiraannya atas apresiasi dari Menteri PMK, Prof. Dr Muhajir Effendi.

"Nasehat dari Pak Muhajir menjadi motivasi bagi saya untuk lebih berkarya lagi," ujar Said.

Baca Juga: [FOTO] Potret Terkini Makam COVID di Medan, Sudah 918 Korban Meninggal

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya