Comscore Tracker

Menteri BUMN Resmikan 5 Proyek Strategis Pelindo 1, Ini Detailnya

Proyek pertama program penataan Pelabuhan Belawan tahap II

Medan, IDN Times – Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Rini Soemarno, meresmikan lima proyek strategis PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 di Sumatera Utara.

Peresmian dilakukan di Kantor Utama Pelindo 1 yang bertempat di Komplek Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (17/3).

Apa sajakah lima proyek itu?

1. Pertama yaitu program penataan Pelabuhan Belawan tahap II

Menteri BUMN Resmikan 5 Proyek Strategis Pelindo 1, Ini DetailnyaIDN Times/Fadli Syahputra

Dalam kata sambutannya, Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana menjelaskan serangkaian proyek strategis Pelindo 1 yang sudah diselesaikan. Proyek pertama yaitu program penataan Pelabuhan Belawan tahap II.

"Penataan di Pelabuhan Belawan meliputi pembangunan Car Terminal berkapasitas 8.000 unit mobil per bulan, pembangunan Terminal Curah Kering berupa fasilitas gudang dan conveyor untuk bongkar muat cargo curah kering dengan produktivitas 700-1.000 ton," kata Bambang.

Kemudian Pelindo 1 membangun 3 unit tangki timbun CPO antar pulau dengan kapasitas 9.000 ton dan berbagai fasilitas pendukung lainnya semisal Terminal Shorebase, Gedung Kantor Terpadu (Kantor Pusat dan Cabang), Gate Pelabuhan, Rigid Pavement Jalan Pelabuhan dan Gate Terpadu Terminal Peti Kemas Belawan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Terminal dan Dermaga Pelabuhan Sibolga

2. Pembangunan terminal penumpang berstandar bandara di Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dan Sri Bintang Utara

Menteri BUMN Resmikan 5 Proyek Strategis Pelindo 1, Ini DetailnyaIDN Times/Fadli Syahputra

Proyek kedua yang juga telah rampung yaitu, Pembangunan Terminal Penumpang Berstandar Bandara di Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dan Sri Bintang Utara.

3. Pemasangan fix crane dan perpanjangan dermaga sepanjang 70 meter di Terminal Petikemas Keperintisan Sei Kolak Kijang

Menteri BUMN Resmikan 5 Proyek Strategis Pelindo 1, Ini DetailnyaIDN Times/Fadli Syahputra

Proyek ketiga, pemasangan fix crane dan perpanjangan dermaga sepanjang 70 meter di Terminal Petikemas Keperintisan Sei Kolak Kijang.

"Modernisasi kapal tunda dan kapal pandu menjadi proyek strategis keempat yang telah diselesaikan Pelindo 1. Khusus Kapal Tunda, Pelindo 1 menghadirkan 2 unit berkapasitas 2x 1000 HP dan 2 unit berkapasitias 2x2000 HP," ungkapnya

4. Pengadaan kapal pandu

Menteri BUMN Resmikan 5 Proyek Strategis Pelindo 1, Ini DetailnyaIDN Times/Fadli Syahputra

Keempat pengadaan kapal Pandu. Pelindo 1 menghadirkan 3 unit Kapal Pandu berkapasitas 2x600 HP dan berkecapatan 200 Knots serta 4 unit Kapal Pandu berkapasitas 2x500 HP berkecepatan 25 knots.

5. Memodernisasi peralatan bongkar muat berupa 20 unit terminal tractor di BICT Belawan

Menteri BUMN Resmikan 5 Proyek Strategis Pelindo 1, Ini DetailnyaDokumentasi/Pelindo I

Kelima, Pelindo 1 juga turut memodernisasi peralatan bongkar muat berupa 20 unit terminal tractor di Belawan International Container Terminal (BICT) di Belawan dan 3 unit mesin Rubber Tyred Gantry (RTG) di Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB).

Menurutnya, penyelesaian berbagai proyek strategis ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan pelayanan kinerja yang lebih baik.

“Selain itu, penyelesaian proyek ini juga diharapkan mampu menurunkan biaya logistik nasional, mendorong dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, khususnya daerah Sumatera Utara dan sekitarnya," pungkas Bambang.

6. Rini juga menargetkan Pelindo 1 meraih pendapatan minimal Rp 1 Triliun tahun 2019

Menteri BUMN Resmikan 5 Proyek Strategis Pelindo 1, Ini DetailnyaIDN Times/Fadli Syahputra

Di kesempatan yang sama, Menteri BUMN, Rini Soemarno memberikan apresiasi terhadap transformasi yang dilakukan Pelindo 1. Menteri Rini mengharapkan Pelindo 1 bisa memanfaatkan potensi besar yang dimiliki untuk terus memberikan pelayanan terbaik.

“Pelindo 1 merupakan pintu utama untuk Asia bagian barat. Harapannya Pelindo 1 bisa menjadi operator pelabuhan berstandar internasional dan mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk mendukung percepatan pembangunan nasional," harap Rini.

Rini juga menargetkan Pelindo 1 meraih pendapatan minimal Rp 1 Triliun di tahun 2019.

Lokasi pelabuhan yang strategis menjadi satu alasan Rini bahwa Pelindo 1 mampu mencapai target pendapatan tersebut.

“Di 2018, sudah ada 25 perusahaan yang pendapatannya diatas 1 trilyun. Saya harapkan Pelindo 1 bisa masuk dalam perusahan tersebut,” ujarnya.

Wanita kelahiran Maryland, Amerika Serikat ini menjelaskan, faktor geografis menjadi modal utama bagi Pelindo 1 untuk mencapai target itu. Sebagai kawasan yang menjadi pintu utama masuknya barang-barang impor, Pelindo 1 diharapkan menjadi operator pelabuhan yang berstandar internasional.

Pemerintah juga akan terus mendorong upaya-upaya partnertship dengan Pertamina.

Sehingga Pelindo 1 bisa mengelola pelabuhan tempat beroperasinya kegiatan Pertamina. Harapannya dapat memberikan efisiensi bagi Pelindo 1 dan Pertamina. Serta tentunya, bisa meningkatkan pendapatan Pelindo 1 di setiap tahunnya.

Selain itu, Rini menyampaikan, pantai barat dan timur Sumatera mempunyai potensi yang sangat besar. Ditambah dengan letak Kantor Utama Pelindo 1 yang telah berpindah ke dekat pelabuhan, membuat ia semakin yakin Pelindo 1 mampu bangkit dan mempunyai operasi yang lebih besar.

Di sisi lain, Rini juga mengapresiasi para direksi dan karyawan Pelindo 1 khususnya dan BUMN lainnya secara umum, yang terus berupaya maksimal dalam memajukan perekonomian Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan naiknya keuntungan BUMN secara keseluruhan dari Rp 142 triliun di tahun 2014 yang diperkirakan pada diakhir tahun 2018 bisa mencapai Rp 190 triliun. Begitu juga dengan aset BUMN dari Rp 4.500 triliun di akhir tahun 2014, menjadi Rp 8.020 triliun di akhir tahun lalu.

“Saya akan terus menekankan agar BUMN lebih maju dan profesional lagi, agar keuntungan bisa lebih tinggi. Harapannya dengan keuntungan lebih tinggi, bisa turut membantu masyarakat sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera,” tegasnya.

Baca Juga: Jokowi Beri Bantuan Rp 1,4 M untuk Korban Bom Sibolga

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You