Mengenal Zonny Waldi, Staf Camat Kini Jadi Wakil Bupati Simalungun 

Berniat mendirikan sekolah kejuruan perikanan

Zonny Waldi merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah banyak mengetahui tentang birokrasi. Ia maju pada Pilkada Simalungun 2020 dan berhasil terpilih menjadi Wakil Bupati Simalungun mendampingi Radiopah Hasiholan Sinaga.

Zonny menjadi salah satu figure yang ramai diperbincangan pada Pemilihan Kepala Daerah Simalungun 2020. ZW memiliki misi untuk membuata Simalungun menjadi lebih baik di berbagai bidang, khususnya bidang pariwisata dan pertanian.

Wakil dari Radiopah Hasiholan Sinaga ini merupakan salah satu kandidat dengan rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini dikarenakan ia telah banyak mengenal dunia birokrasi di Pemerintahan Kabupaten Simalungun.

Yuk simak profilnya:

Baca Juga: Pamit, Ini Fakta Seputar Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tebing Tinggi

1. Berniat mendirikan sekolah kejuruan perikanan

Mengenal Zonny Waldi, Staf Camat Kini Jadi Wakil Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga Bupati Simalungun dan Zonny Waldi Wakil Bupati Simalungun (Dok. Istimewa)

Zonny Waldi telah berkecimpung selama kurang lebih 30 tahun di Pemerintahan Kabupaten Simalungun. ZW mendampingi RHS maju dengan misi yang bertajuk “Terwujudnya Kabupaten Simalungun Yang Bersatu, Maju, Sejahtera dan Bermartabat".

Zonny memiliki tiga fokus yang ingin ia jalankan saat terpilih menjadi Wakil Bupati Simalungun. Tiga fokus tersebut antara lain Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Suami dari Hidayati Herlina ini juga memiliki niat untuk mendirikan sekolah kejuruan perikanan. Ia juga ingin adanya sekolah tinggi ilmu komputer dan pariwisata.

Selain itu, pria 60 tahun ini juga memiliki tekad kuat untuk membangun sistem APBD dan pengangkatan PNS yang transparan. 

2. Masa kecil di Sumatra Barat

Mengenal Zonny Waldi, Staf Camat Kini Jadi Wakil Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga Bupati Simalungun dan Zonny Waldi Wakil Bupati Simalungun (Dok. Istimewa)

ZW menghabiskan masa kecilnya di SD N Talang Maur, Sumatera Barat. Ia kemudian melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri Danguang dan tamat pada tahun 1977.

Tahun 1980, ZW menamatkan studinya dari Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri, Bogor.

Tahun 1991, ia menyelesaikan pendidikan tingginya dari Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan dan mendapat gelar Sarjana Sosial.

Tahun 2010, ia mendapatkan gelar MM dari Universitas Islam Sumatera Utara

3. Awal mula bekerja sebagai staf camat

Mengenal Zonny Waldi, Staf Camat Kini Jadi Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi, Wakil Bupati Simalungun (Dok. Istimewa)

Usai kuliah, ZW bekerja sebagai staf Camat, kemudian ia menjabat sebagai Camat.

Ia juga pernah menjadi  Kepala Bidang Dinas Pemuda dan Olahraga. Selain itu, ia juga pernah dipercayai sebagai Kepada Bidang Perikanan.

Jabatan sebagai kepala dinas pun pernah ia duduki. ZW tercatat sempat menjadi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga. 

Selain Kadis Pora, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial. Kemudian ia juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Simalungun.

Zonny Waldi juga diketahui pernah memiliki jabatan di Provinsi Sumatera Utara. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Dinas Kelautan dan Perikana Sumatera Utara.

Pria yang dianggap sebagai sahabat semua suku ini juga pernah menduduki jabatan sebagai Asisten Administrasi Umum dan Aset Gubernur Sumatera Utara.

Ia juga tercatat pernah menjadi Plt Kepala Dinas Cipta Karya Sumatera Utara. Cipta Karya adalah bagian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Jabatan terakhir Zonny Waldi sebelum ia menjabat sebagai Wakil Bupati Simalungun adalah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumatera Utara.

Profil 

Nama : Zonny Waldi
Tempat, Tanggal Lahir : Payakumbuh, 2 April 1961
Agama : Islam
Pasangan : Hidayah Herlina Gusti Nasution
Anak:
Dian Pratama Putra
Dian Primadia Putri
Dian Embun Dini

Baca Juga: Mengenal Radiapoh Sinaga, Anak Petani yang Jadi Bupati Simalungun

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya