Longsor Lagi di Dekat Danau Toba, Tiga Kendaraan Tertimbun Lumpur

Kemacetan panjang hingga 10 kilometer

Simalungun, IDN Times - Perbukitan Bangun Dolok di kawasan Parapat, Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara kembali longsor kira-kira, Senin (31/12) pukul 17.30 WIB dan menutup ruas jalan nasional di jembatan kembar Sidua-dua.

Longsor susulan berupa tanah lumpur dan sebagian batu itu menimpa satu unit mobil dan dua sepeda motor.

Akibat longsor yang terjadi jelang malam pergantian tahun, kemacetan terjadi hingga 10 kilometer.

Jalan baru bisa dilalui pada Selasa (1/1) sekitar pukul 05.00 WIB.

Baca Juga: Sudah 7 Hari tak Ketemu, Pencarian Korban Longsor Tobasa Dihentikan

1. Jalur siantar-parapat ditutup permanen

Longsor Lagi di Dekat Danau Toba, Tiga Kendaraan Tertimbun LumpurDok Antara Sumut

Sebelumnya, longsor juga terjadi pada Senin (31/12) siangf. Namun longsor sore hari lebih besar.

"Lebih besar dari siang tadi (pukul 10.30 WIB), tidak ada korban jiwa," kata Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno seperti dilansir Antara, Selasa (1/1) malam.

Kepolisian bersama aparatur Pemerintah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, aparat kesatuan TNI, dan masyarakat berupaya mengevakuasi kendaraan dan mengeruk material longsor di ruas jalan.

Arus lalu lintas otomatis ditutup secara permanen pada malam ini demi keselamatan pengguna jalan dan masyarakat.

Jalur alternatif Simpang Palang Tiga Dolok - Simpang Sitahoan Girsang Sipangan menjadi satu-satunya akses transportasi Pematangsiantar, Parapat dan daerah-daerah di Tapanuli.

2. Minta PLN pasang lampu penerangan di jembatan kembar

Longsor Lagi di Dekat Danau Toba, Tiga Kendaraan Tertimbun LumpurDon Antara Sumut

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan berpesan kepada pengguna jalan untuk hati-hati dan meningkatkan kesabaran atas peristiwa alam yang sulit diprediksi.

Untuk lebih memberikan keamanan diri pengguna jalan, pihaknya berkoordinasi dengan PLN akan memasang lampu di kawasan jembatan kembar tersebut.

3. Roda dua bisa gunakan jasa kapal dari Sibaganding ke Danau Toba

Longsor Lagi di Dekat Danau Toba, Tiga Kendaraan Tertimbun LumpurANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Akses transportasi jalan nasional kawasan kota wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Selasa pagi baru bisa kembali dilalui kendaraan.

"Satu jalur dari Parapat ke Pematangsiantar," kata Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan di kawasan titik longsor di jembatan kembar Sidua-dua.

Untuk arus lalulintas dari Pematangsiantar ke Parapat dan daerah lainnya kawasan Tapanuli diarahkan jalur alternatif Simpang Palang Tiga Dolok - Simpang Sitahoan Giirsang Sipangan.

Perbukitan Bangun Dolok kembali longsor pada Selasa kira-kira pukul 10.30 Wib untuk ke lima kalinya sejak 18 Desember 2018.

Longsoran tanah berlumpur dan potongan kayu yang tepat di atas jembatan kembar, Sidua-dua, menutup akses jalan nasional kawasan Parapat, Danau Toba.

Kondisi itu dimanfaatkan jasa kapal penumpang perairan Danau Toba membuka layanan bagi pengendara roda dua menyeberang dari Pantai Bebas Parapat ke Desa Sibaganding.

https://www.youtube.com/embed/joCgoOGnvDM

Baca Juga: Longsor 2 Kali, Jalan Lintas ke Danau Toba Sudah Bisa Dilalui Hari Ini

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya