Komisi III Sebut Tidak Ada Event di Kota Medan yang Greget

Perlu gebrakan untuk mendatangkan wisatawan

Medan, IDN Times - Komisi III DPRD Kota Medan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pariwisata Medan, di Kantor DPRD Kota Medan, Selasa (21/1).

Usai melakukan rapat dengar pendapat dengan Dinas Pariwisata kota Medan, Ketua Komisi III DPRD Kota Medan M Afri Rizky Lubis menyayangkan kebijakan Dinas Pariwisata yang berlebihan seremonial event yang tidak terukur.

"Fokuskan dulu, bener enggak eventnya ini terukur, terus berkelanjutan, rata-rata dinas Pariwisata ini saya lihat kebanyakan event tapi tidak terukur," katanya.

1. Gagas event yang bisa jadi ikon Kota Medan

Komisi III Sebut Tidak Ada Event di Kota Medan yang GregetKetua Komisi III DPRD Kota Medan M Afri Rizky Lubis (IDN Times/Yurika Febrianti)

Event yang tidak terukur menurut Afri perlunya brand ciri khas kota Medan untuk mendatangkan wisatawan lokal maupun Internasional.

"Saya harapkan bagaimana dinas pariwisata tentang ikon Kota Medan, lambang kemudian khas khas dan souvenir karena kita kekurangan itu. Karna kalau wisatawan datang ke Kota Medan tidak tahu khasnya apa, souvenirnya apa," lanjutnya.

Baca Juga: [FOTO] Yuk! Mengenal Museum Perjuangan TNI di Medan

2. Kinerja Dinas Pariwisata yang belum maksimal

Komisi III Sebut Tidak Ada Event di Kota Medan yang GregetKomisi III DPRD Kota Medan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pariwisata Medan (IDN Times/Yurika Febrianti)

Selain itu, Afri juga mengingatkan Dinas Pariwisata melakukan evaluasi kerja membuat gebrakan baru.

"Dengan dinas pariwisata diharapkan cobalah mengevaluasi kinerja mereka, jadi tidak hanya ada event-event doang tapi membuat bagaimana gebrakan atau rekreasi untuk mendatangkan wisatawan," ucapnya.

Kinerja Dinas Pariwisata yang belum maksimal, Afri menyampaikan terbukti dengan kebijakan yang terlaksanakan.

"Kalau saya lihat belum ya, belum ada gregetnya lah," ungkapnya.

3. Gunakan ide millennial untuk dongkrak PAD Medan

Komisi III Sebut Tidak Ada Event di Kota Medan yang GregetKomisi III DPRD Kota Medan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pariwisata Medan (IDN Times/Yurika Febrianti)

Sementara itu, Irwansyah anggota DPRD komisi III mengatakan perlu adanya ide kreatif milenial dalam mengaet wisatawan.

"Ayo manfaatkan ide millennial, kita buat branding bagaimana meningkat PAD Kota Medan," paparnya.

Kepala Dinas Pariwisata kota Medan Agus Suriyono menyampaikan akan menampilkan event pesona kota Medan 2020 di empat titik yakni Center Place Merdeka Walk, Taman Sri Deli, Lapangan Gajah Medan dan depan kantor Dinas Pariwisata kota Medan dengan tahun sebelumnya hanya dua titik.

"Event Pesona Kota Medan yang menampilkan multikultur kota Medan. Secara reguler akan digelar setiap senin rabu jumat malam, ada tampilan promosi kota Medan," kata Agus.

Agus berharap event pesona kota Medan 2020 menjadi tontonan yang menarik untuk wisatawan.

Baca Juga: 3 Ribu Lampion Warna-warni Vihara akan Meriahkan Imlek di Medan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya