Kasatlantas: Korban Kecelakaan Lalulintas Didominasi Kaum Millenial

Akan gelar Millenial Road Safety

Medan, IDN Times - Jumlah korban meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di Sumatera Utara, setiap hari mencapai 4-5 orang.

Angka ini, kebanyakan di dominasi oleh korban yang berusia produktif (kaum millenial).

Untuk menekan jumlah tersebut, Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihartini mengatakan telah meluncurkan Program Millenial Road Safety yang dilaksanakan serentak di 34 provinsi di Indonesia.

Tujuannya adalah untuk mewujudkan generasi millenial yang cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang.

“Kaum millenial diharapkan bisa menjadi pelopor dan duta keselamatan berlalu lintas. Generasi millenial dinilai lebih “melek” teknologi ini juga diharapkan bisa menyampaikan pesan-pesan keselamatan dalam berlalulintas,” kata Juliani saat Ngobrol Santai (Ngobras) di Ruang Media Center Polrestabes Medan, Kamis (24/1).

“Melalui berbagai saluran media sosial yang mereka kuasai. Kaum milenial dianggap bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas menjadi zero accident,” tambahnya.

1. Generasi muda diharapkan bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas

Kasatlantas: Korban Kecelakaan Lalulintas Didominasi Kaum Millenialinstagram/Sandy Pas Band

Di Kota Medan, sambung Juliani, puncak kegiatan Millenial Road Safety akan digelar pada 3 Maret 2019 di Lapangan Benteng Medan.

“Berbagai kegiatan bakal digelar di momen tersebut dan ditargetkan akan melibatkan sekitar 15 ribu orang,” ujarnya seperti dilansir Tribratanews.

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial dan harus berkesinambungan. Generasi muda diharapkan bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas.

2. Bikin pemilihan duta keselamatan berlalulintas

Kasatlantas: Korban Kecelakaan Lalulintas Didominasi Kaum MillenialAntara Foto/Ahmad Fikri

Sebelum kegiatan puncak Millenial Road Safety, Satlantas Polrestabes Medan juga melakukan sosialisasi ke masyarakat dan kaum millenial ke sekolah-sekolah dan tempat-tempat publik lainnya misalnya saat kegiatan car free day setiap hari minggu.

Pihak kepolisian, mematok target dalam sehari harus bersentuhan dengan masyarakat terkait program ini.

“Minggu ini rencananya kita juga akan mengedukasi anak-anak TK soal tertib berlalulintas melalui kegiatan mewarnai,” ucapnya.

“Selain program Millenial Road Safety, kita juga berencana menggelar sayembara pemilihan duta keselamatan berlalulintas. Targetnya tetap kaum millenial yang diharapkan bisa menjadi pelopor tertib berlalulintas,” tambah Juliani.

Baca Juga: [BREAKING] Bek Timnas U-22 Asal Medan Resmi Direkrut Tim Liga Belgia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya