Kapal Tanker MP Namse Bangdzod Hilang, Satu ABK Warga Gunungsitoli

Hingga kini kapal belum ditemukan

Gunung Sitoli, IDN Times - Kapal tanker MP Namse Bangdzod dari pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah menuju Tanjung Priok Jakarta dinyatakan hilang kontak sejak 28 Desember 2018 

Ternyata seorang anak buah kapalnya (ABK) adalah warga Desa Teluk Belukar, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara bernama Yanuardin Mendrofa.
     
"Adik kami Yanuardin Mendrofa adalah Mualim I pada kapal tanker MP Namse Bangdzod yang hilang dalam perjalanan dari pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah menuju Tanjung Priok Jakarta," kata abang kandung korban, Silindung Mendrofa kepada Antara, Sabtu (19/1).

Baca Juga: Mobil Tercebur ke Sungai, Lima Orang Tewas Terperangkap di Dalam

1. Sempat hubungi keluarga sebelum kapal berangkat

Kapal Tanker MP Namse Bangdzod Hilang, Satu ABK Warga GunungsitoliDok Antara Sumut/Irwanto

Ia mengatakan, Yanuardin Mendrofa sebelumnya sempat menghubungi keluarga tanggal 28 Desember 2018 untuk memberitahu jika kapal tanker tempat dia bekerja akan berangkat.

Kapal MP Namses Bangdzod yang mengangkut CPO tersebut berangkat dari pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah menuju pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dia memperkirakan kapal tanker dimana dia bekerja akan tiba di pelabuhan Tanjung Priok pada 30 Desember 2018, dan jika cuaca buruk paling lambat tiba sehari kemudian.

Namun hingga hari ini kapal MP Namses Bangdzod bersama seluruh ABK tidak diketahui, dan telepon seluler Yanuardin Mendrofa tidak aktif lagi.

"Hilangnya kapal MP.Namses Bangdzod kita ketahui dari pihak perusahaan atau PT Petronusa Niaga Energy yang berdomisili di Surabaya, Jawa Timur," terangnya.

2. Keluarga berharap pemerintah mau peduli

Kapal Tanker MP Namse Bangdzod Hilang, Satu ABK Warga GunungsitoliDok Istimewa/Ditpolair Polda Kalteng

Silindung berharap pemerintah mau peduli dan ikut melakukan pencarian terhadap kapal MP Namses Bangdzod yang hilang, supaya pihak keluarga tahu bagaimana nasib para ABK.

"Minggu depan kita akan berangkat menemui pimpinan perusahaan PT Petronusa Niaga Energy untuk menanyakan hasil pencarian atau nasib adik kita," ucapnya.

Dia juga mengakui kalau hilangnya Yanuardin  Mendrofa sangat berdampak bagi keluarga, terlebih ibu mereka Nibenia Lase yang telah menjanda.

Yanuardin Mendrofa, menurut dia, merupakan tulang punggung keluarga, dan sejak bekerja sebagai mualim di kapal tanker MP Namses Bangdzod selalu mengirim sebagian penghasilannya untuk ibunya.

Baca Juga: Adek Berry: Jurnalis Harus Dibekali Training Peliputan Bencana

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya