Jeka Saragih Lolos ke UFC, Gubernur Edy Rahmayadi Mengaku Bangga 

Wagub Ijeck: Jeka membuat sejarah

Atlet Mixed Martial Arts (MMA) asal Sumatra Utara, Jeka Saragih mengukir sejarah untuk Indonesia di Ultimate Fighting Championship (UFC). Dia menjadi satu-satunya petarung Indonesia yang dikontrak UFC.

Kemenangan KO atas wakil Korea Selatan, Ki Won Bin di Abu Dhabi, Minggu (23/10/2022) di ajang semi final Road to UFC memastikan Jeka lolos ke final.

Atas keberhasilannya ini, Gubernur dan Wakil Gubenur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi - Musa Rajekshah mengaku bangga dengan keberhasilan Jeka.

1. Gubernur: Saya dan seluruh masyarakat Sumut selalu mendukung dan mendoakanmu

Jeka Saragih Lolos ke UFC, Gubernur Edy Rahmayadi Mengaku Bangga Jeka Saragih (instagram/jekasaragih)

Sebelum Jeka  berlaga malam tadi, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengunggah video Jeka Saragih.

"Jeka Saragih memulai karirnya sebagai atlet tarung bebas dari bawah, penuh perjuangan dan rintangan demi mengejar mimpinya, hingga akhirnya berhasil menembus babak semifinal ajang tarung bebas paling bergengsi di dunia, UFC dan menjadi satu-satunya atlet asal Indonesia yang berhasil lolos di ajang tersebut dari 5 orang atlet.

Hari ini akan menjalani pertandingan melawan petarung asal Korea Selatan, Won Bin pada pukul 18.00 WIB nanti.

Saya sebagai Gubernur Sumatera Utara mengaku sangat bangga sekali, putra kebanggaan kita ini, asal Simalungun, Sumatera Utara berhasil menembus panggung internasional.

Saya dan seluruh masyarakat Sumatera Utara akan selalu mendukung dan mendoakanmu, semoga sukses dan berhasil memenangkan pertandingan sore ini..Semangat Jeka! Kami yakin, kau pasti bisa," tulis Edy Rahmayadi.

2. Ijeck: Jeka membuat sejarah

Jeka Saragih Lolos ke UFC, Gubernur Edy Rahmayadi Mengaku Bangga Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah bersama Jeka Saragih (Dok. Instagram Musa Rajekshah)

Sedangkan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengunggah foto bersama Jeka Saragih setelah pertarungan malam ini usai.

Menurut Ijeck, Jeka Saragih sebelum bertanding di UFCsempat bertemu dengan dirinya di rumah dinas. Jeka banyak bercerita soal perjuangannya untuk menuju UFC ini. Karena ia bukan hanya membawa nama Indonesia saja, tetapi juga membawa nama Sumatera Utara ke dunia.

"Pesan saya waktu itu ke Jeka harus berikan prestasi yang terbaik. Dan terbukti, Jeka membuat sejarah. Ia berhasil mengalahkan Won Bin Ki dari Korea Selatan, dan mendapat kontrak UFC. Ia juga berhasil bertanding dalam semifinal Road To UFC di Etihad Arena, Abu Dhabi.

Sukses Jeka. Kami dari Sumut sanggat bangga dengan prestasimu. Bawa harum nama Indonesia dan Sumut di dunia," tulis Ijeck di akun Instagram pribadinya.

3. Jeka Saragih lahir di Desa Bah Pesusang, Simalungun

Jeka Saragih Lolos ke UFC, Gubernur Edy Rahmayadi Mengaku Bangga Instagram.com/jekasaragih

Jeka Saragih adalah atlet kelahiran Desa Bah Pesusang, Simalungun, Sumatra Utara. Jeka Asparido Saragih nama lengkapnya, lahir 3 Juli 1995.  Namun orangtuanya awalnya tak terlalu mendukung kariernya.

Dia berlatih bela diri sejak kecil. Wushu sanda menjadi cabang olahraga yang ditekuninya. Ini adalah salah satu cabang beladiri.

Meskipun begitu Jeka Saragih maju terus. Dia mampu berprestasi di kejurda hingga kejurnas. Saat masih duduk di bangku SMA, Jeka memenangkan kejurnas Wushu di Yogyakarta tahun 2013.

Dia juga memerkuat Indonesia di ajang Asian Games Junior di tahun yang sama. Sayang Jeka gagal jadi juara.

Jeka memutuskan merantau ke Batam sekaligus kerja. Tapi dia tak melupakan bela diri. Dia akhirnya bergabung dengan Batam Fighter Club (BFC).

Di situ Jeka ditempa menjadi petarung MMA. Dia diikutkan kejuaraan One Price di TV One. Tahun 2017, kerja kerasnya berbuah hasil, ia menjuarai grade A 70 kilogram.

Setelah namanya mulai dikenal di MMA, Jeka akhirnya mendapatkan mimpinya yang tertunda memerkuat daerahnya di ajang PON 2020 Papua yang ditunda pada 2021 lalu. Jeka meraih medali perak dari cabor wushu sanda kelas 75 Kg.

Di final Jeka sayangnya takhluk dari pewushu Jawa Barat, Iman Lesmana yang berstatus juara bertahan.

Baca Juga: 5 Fakta Jeka Saragih, Petarung asal Simalungun yang Lolos ke UFC

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya