IWAPI Gandeng Shopee Perkenalkan Bisnis Digital pada Pengusaha Wanita

IWAPI Gandeng Shopee Perkenalkan Bisnis Digital ke Pengusaha

Medan, IDN Times - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggandeng Shopee untuk melakukan pelatihan bisnis digital kepada pelaku usaha wanita yang ada di Kota Medan. Pelatihan bertajuk “Mulai Jualan Online, Raih Banyak Peluang” digelar secara online pada Selasa (15/3/2022).

Pelatihan yang diinisiasi oleh Kampus Shopee ini memberikan materi seputar optimalisasi berjualan online dengan menghadirkan trainer yang ahli di bidangnya.

Ketua IWAPI Kota Medan, Ade Mora Nasution, mengatakan kolaborasi yang diinisiasi Shopee ini merupakan bagian dari komitmen IWAPI untuk mengembangkan UMKM di Kota Medan.

Pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM di Kota Medan ini diharapkan mampu membantu UMKM mengembangkan usahanya secara digital. Ade melanjutkan, Pelatihan ini dapat menjadi kesempatan bagi UMKM Kota Medan untuk setidaknya mempertahankan usaha melalui digital di masa pandemi Covid-19.

“Bahkan, pelatihan bisnis digital ini merupakan peluang belajar bagi UMKM Kota Medan untuk mengembangkan usahanya agar produknya dapat dilihat secara lebih luas lagi hingga ke luar Kota Medan,” ungkap Ade Mora.

Baca Juga: New Mercedes-Benz E200 Coupe Diluncurkan di Medan, Harganya Rp1,5 M

1. Sebanyak 30 peserta IWAPI hadir dalam pelatihan online ini

IWAPI Gandeng Shopee Perkenalkan Bisnis Digital pada Pengusaha
WanitaKonsumen Jusin Juice memanfaatkan ShopeePay layanan transaksi nontunai dari aplikasi Shopee. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Salah satu anggota IWAPI, Siti Chairunisa, mengaku materi yang diberikan saat pelatihan
online ini sangat informatif. Siti berencana akan membuka toko di Shopee dari sebelumnya hanya berjualan offline.

“Saya sudah berencana untuk membuka toko online, namun belum berani karena masih kurang informasi bagaimana cara membuat akun hingga cara mengelolanya. Jadi saya masih fokus berjualan dengan membuka toko fisik. Setelah mengikuti kelas online ini, saya akan optimalkan upload produk untuk mulai berjualan di Shopee,” jelas
Siti.

Dalam kelas online bersama Shopee, 30 peserta IWAPI yang hadir mendapat program
mentoring bisnis langsung oleh tim kampus UMKM Shopee Medan, kurikulum untuk
mengembangkan bisnis online, dan informasi cara memanfaatkan fasilitas fotografi produk, strategi pemasaran dengan aktif live di aplikasi Shopee menjual produk dan berbagai kiat lainnya untuk meraih banyak peluang.

2. Peserta IWAPI memiliki antusiasme yang tinggi

IWAPI Gandeng Shopee Perkenalkan Bisnis Digital pada Pengusaha
WanitaIDN Times/Reza Iqbal

Trainer pelatihan bisnis digital bersama Shopee, Bagus K. Wardhana, mengatakan peserta IWAPI memiliki antusiasme yang tinggi untuk mencari tahu tentang bisnis digital.

“Peserta IWAPI aktif bertanya dan memiliki semangat yang luar biasa untuk memaksimalkan penjualan di Shopee. Semoga para peserta IWAPI dapat semakin
percaya diri untuk membuka toko dan melakukan optimalisasi penjualan di Shopee,” kata
Bagus.

3. IWAPI memperkuat kaum perempuan di dalam kegiatan usaha

IWAPI Gandeng Shopee Perkenalkan Bisnis Digital pada Pengusaha
Wanita

IWAPI terus berupaya untuk menjadikan pelaku usaha wanita di komunitasnya dapat terus
berkembang. Hal ini sejalan dengan misi IWAPI yaitu menjadikan wanita berdaya.

IWAPI memperkuat kaum perempuan di dalam kegiatan usaha dengan meningkatkan kemampuan anggota dalam mengelola usahanya, antara lain mendapatkan akses terhadap teknologi baru, informasi tentang pemasaran dan pembiayaan. Platform Shopee memiliki potensi penjualan yang cukup besar.

Sehingga diharapkan UMKM Kota Medan dapat memanfaatkan platform ini untuk menjadi UMKM yang naik kelas dan menciptakan ekonomi mandiri.

Baca Juga: Hadir di Medan, Ini 3 Fasilitas Kampus UMKM Shopee

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya