Ikut UKW, 30 Jurnalis Diajak Lihat Operasional Tambang Emas Martabe

PWI dan Tambang Emas Martabe Gelar UKW di Tapteng

Tapanuli Tengah, IDN Times - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama dengan PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe gelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXX, yang dilaksanakan di Hotel Pia, Pandan, Tapanuli Tengah, 4-5 Maret 2020.

Ketua Pokja PWI Sibolga-Tapanuli Tengah, Sahat Jason Gultom, didampingi Sekretaris Freddy Situmorang, Wakil Ketua Haris Sikumbang dan Bendahara Jhonny Simatupang mengatakan, pihaknya selaku panitia lokal telah mempersiapkan kegiatan UKW semaksimal mungkin sebagaimana diarahkan oleh PWI Sumut dan PWI Pusat, didukung oleh Tambang Emas Martabe.

“Kami selaku Pokja PWI Sibolga-Tapteng dipercaya PWI Sumut menjadi panitia untuk mempersiapkan kegiatan ini sebaik mungkin. Total ada 30 wartawan yang mengikuti UKW kali ini, yang berasal dari Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan Medan. Ini merupakan UKW pertama yang diselenggarakan di Tapanuli Tengah, terutama setelah pokja kepengurusan terbentuk. Kami berharap UKW ini berjalan dengan baik, dan seluruh peserta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan,” jelas Jason, usai rapat persiapan di Pandan, Selasa (3/3).

1. Akan dihadiri langsung oleh Ketua PWI pusat

Ikut UKW, 30 Jurnalis Diajak Lihat Operasional Tambang Emas MartabeIlustrasi kerja jurnalistik. IDN Times/Arief Rahmat

Jason menyebutkan, rangkaian UKW kali ini dimulai dengan pembekalan yang disampaikan oleh Ahli Etika dan Hukum Pers Indonesia Wina Armada pada 3 Maret 2020.

Dilanjutkan dengan pembukaan pada 4 Maret 2020 yang akan dihadiri langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal S. Depari, Ketua PWI Sumut sekaligus penguji Hermansyah, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dan Wakil Presiden Direktur sekaligus CEO PT Agincourt Resources Tim Duffy.

Kegiatan akan ditutup secara resmi pada tanggal 5 Maret.

Baca Juga: 48 Pekerja Tambang Martabe Raih Penganugerahan Sertifikasi Keahlian

2. Komitmen tambang emas dongkrak kompetensi wartawan di Sumut

Ikut UKW, 30 Jurnalis Diajak Lihat Operasional Tambang Emas MartabeIlustrasi kerja jurnalistik. IDN Times/Arief Rahmat

CEO PT Agincourt Resources Tim Duffy mengatakan dukungan terhadap kegiatan UKW ini menunjukkan komitmen dan konsistensi Tambang Emas Martabe untuk terus tumbuh bersama dengan para pemangku kepentingan kunci, salah satunya adalah para wartawan dari berbagai media massa yang selama ini telah menjalin hubungan yang sangat harmonis dan konstruktif.

“Dukungan penuh pada penyelenggaraan UKW tahun ini menunjukkan komitmen berkelanjutan Tambang Emas Martabe untuk mendorong upaya PWI meningkatkan kompetensi wartawan khususnya di wilayah Sumatera Utara, sehingga mampu bersaing positif guna menciptakan dunia jurnalisme yang terus maju seiring kemajuan pertukaran informasi," ungkapnya.

3. Peserta UKW akan melihat langsung operasional pertambangan

Ikut UKW, 30 Jurnalis Diajak Lihat Operasional Tambang Emas MartabeTambang Emas Martabe (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Tak hanya itu, Tim Duffy juga berharap melalui UKW 2020 ini, Tambang Emas Martabe ingin terus berkontribusi meningkatkan pemahaman para wartawan terkait praktik pertambangan berkelanjutan dan berkelas dunia, beberapa di antaranya terkait pengelolaan lingkungan, program pemberdayaan masyarakat, dan komitmen perusahaan terhadap penerapan keberagaman gender.

Adapun, penutupan UKW akan diselenggarakan di Tambang Emas Martabe, para peserta UKW dapat melihat langsung operasional pertambangan dan kontribusi positif tambang terhadap masyarakat.

Baca Juga: Tambang Emas Martabe Bangun Jembatan dan Irigasi di Tapanuli Selatan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya