Harkitnas, Lapas Narkotik Siantar Gelar Pelatihan Keterampilan WBP

Hari Kebangkitan Nasional Lapas Narkotik Siantar Buka Pelati

Pematang Siantar, IDN Times - Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-113, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotik Klas IIA Siantar menggelar pelatihan keterampilan bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Tujuannya agar para WBP yang tengah menjalani rutinitas di dalam Lapas Narkotik Klas IIA Siantar bisa produktif.

"WBP yang ikut serta dalam pelatihan ini sebanyak 120 orang, semuanya merupakan warga binaan yang sudah tidak lama lagi akan keluar dari sini dan bergabung kepada masyarakat," kata Kalapas Narkotik Klas IIA Siantar EP Prayer Manik, Kamis (20/5/2021).

1. Berharap WBP punya keterampilan dan bisa diterima masyarakat sudah bebas

Harkitnas, Lapas Narkotik Siantar Gelar Pelatihan Keterampilan WBPLapas Narkotik Siantar Gelar Pelatihan Keterampilan WBP (Dok. IDN Times)

Pria berbaju kemeja coklat ini mengatakan tujuan pelatihan ini agar WBP saat keluar Lapas nanti bisa diterima masyarakat dan bisa menghidupi keluarganya serta bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Kita buat ada beberapa jenis pelatihan dan keterampilan yang dibuat," ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan keterampilan ini bekerja sama dengan Yayasan Lentera Pertiwi Sumatera.

"Jadi mereka yang memberikan keterampilan pelatihan kepada WBP kita," jelasnya.

Baca Juga: Jalan Panjang Penjajahan Israel di Palestina yang Harus Kamu Ketahui

2. Diberi pelatihan keterampilan bertani hingga pengelolaan sampah

Harkitnas, Lapas Narkotik Siantar Gelar Pelatihan Keterampilan WBPIlustrasi Daur Ulang Sampah Plastik (Dok. IDN Times)

Prayer Manik juga menyatakan dalam pelatihan keterampilan ini pihaknya memiliki tiga tahapan, pertama agribisnis, manufaktur dan jasa. Rinciannya, untuk agribisnis meliputi pertanian cabai, pertanian tomat, pertanian bawang merah, dan peternak ayam.

Untuk tahap kedua yakni manufaktur meliputi paving block, pembuatan pot bunga minimalis dan sablon. Sedangkan tahap ketiga jasa yang meliputi kerajinan tangan dan pengolahan sampah.

"Pelaksanaan pelatihan keterampilan ini dilakukan agar bermanfaat bagi para WBP agar mereka produktif dan bisa menghasilkan sehingga nantinya saat sudah keluar dari sini, mereka bisa berproduksi seperti apa yang sudah mereka dapatkan selama mendapat pembinaan dari kita," harapnya.

3. Beri materi keterampilan yang mudah dicerna para WBP

Harkitnas, Lapas Narkotik Siantar Gelar Pelatihan Keterampilan WBPLapas Narkotik Siantar Gelar Pelatihan Keterampilan WBP (Dok. IDN Times)

Ketua Yayasan Lentera Pertiwi Sumatera Nata Simangunsong mengatakan kegiatan ini merupakan hal yang positif. Karena WBP berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, pihaknya akan memberikan materi keterampilan yang mudah dicerna para WBP.

"Pertama kita akan memberikan materi pada pelatihan dan kemudian kita akan mempraktikkan sehingga para WBP bisa terbiasa, sehingga mereka nanti bisa menghidupi keluarganya saat keluar nanti dengan keterampilan yang mereka miliki," ujarnya.

Nata juga berharap kepada para WBP agar ke depannya menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

"Saya berharap kawan-kawan semangat dan apabila sudah keluar, jangan pernah punya niat untuk balik ke sini, lagi" pungkasnya. 

Baca Juga: [BREAKING] Kantor KPU Sergai Digeledah, Dugaan Penggelembungan Suara

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya