Guru SMK Sumut Dapat Training seputar Teknologi Sepeda Motor

Mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni

PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda menggelar “Training Modul Lanjutan Guru SMK “ secara virtual yang berlangsung pekan lalu.

Tujuannya untuk menjaga kualitas dan semangat para tenaga ajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Binaan AHM se-Sumatera Utara yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Selama tiga hari, para guru SMK Mitra Binaan AHM yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara diperkaya wawasannya dengan berbagai pengetahuan seputar teknologi pada sepeda motor yang akan mendukung kualitas ajar mereka pada para anak didiknya.

Baca Juga: Wow, CRF1100L Africa Twin Adventure Sports Tampil Makin Memukau

1. Banyak materi yang dibedah

Guru SMK Sumut Dapat Training seputar Teknologi Sepeda MotorPT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda menggelar “Training Modul Lanjutan Guru SMK “ secara virtual (Dok. Indako)

Untuk dapat mengukur pemahaman sesuai standar kompetensi yang ditetapkan Honda, para guru terlebih dahulu mengikuti pra-test yang bermanfaat sebagai tolak ukur keahlian di awal pelatihan. Tidak hanya itu, pemahaman para guru juga kembali diuji melalui post-test yang bertujuan untuk melihat tingkat pemahaman peserta yang dihasilkan setelah pelatihan.

Penuh keseriusan, para guru peserta training juga menyimak setiap materi yang disajikan para Instructor Technical Service terlatih Honda, sebut saja materi terkait sistem kopling, sistem rangka, sistem rem, sistem supensi, Sistem roda, dan sistem starter, sistem gas buang, sistem transmisi, dan sistem pendingin.

Keseruan pun terlihat saat sesi tanya jawab dibuka, dimana para guru yang haus akan ilmu banyak sekali mengajukan pertanyaan.

2. Bisa meningkatkan kompetensi guru

Guru SMK Sumut Dapat Training seputar Teknologi Sepeda MotorJuara pertama Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021, Hendri Nurcahyo, guru dari SMK Negeri 1 Badegan, Ponorogo, Jawa Timur. (Dok. IDN Times)

Firdaus, Guru SMK Swasta Srilangkat mengungkapkan sangat bersyukur dan menyambut baik digelarnya pelatihan untuk guru SMK Mitra Binaan AHM se-Sumatera Utara.

Menurutnya dengan mengikuti pelatihan ini, para guru tentunya dapat meningkatkan kompetensi dalam menjalankan tugas sebagai tenaga didik di SMK yang diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang pintar, berkualitas dan siap menghadapi tantangan dunia kerja.

3. Mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni

Guru SMK Sumut Dapat Training seputar Teknologi Sepeda MotorPT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda menggelar “Training Modul Lanjutan Guru SMK “ secara virtual (Dok. Indako)

Feri Panji, Instructor Technical Service PT indako Trading Coy mengungkapkan, pelatihan guru yang dilakukan secara virtual ini merupakan salah satu bentuk komitmen Honda dalam mendukung pendidikan vokasi di Sumatera Utara, sekaligus mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua.

Sementara itu Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy mengungkapkan, dengan semangat Satu Hati, keseriusan Honda ingin tetap hadir dan aktif mengembangkan dunia vokasi di Sumatera Utara merupakan salah satu perwujudan kuatnya komitmen sinergi bagi negeri untuk mendukung terciptanya pendidikan vokasi Sumatera Utara yang lebih baik.

Baca Juga: Resmikan Museum Vespa di Bali, Ijeck Kagum Ada Koleksi dari Tahun 1948

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya