Gempa Taput Jadi Bencana Daerah, Status Tanggap Darurat 7 hari

Warga diminta tidak tidur di luar rumah

Tapanuli Utara, IDN Times - Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) kembali diguncang gempa susulan pada Minggu (2/10/2022). Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tercatat sudah 97 kali kota wisata ini dihantam gempa susulan.

Per hari ini sejak Pukul 7 pagi hingga 12 siang, guncangan terjadi 7 kali. Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Taput mengeluarkan status siaga bencana selama 7 hari kedepan.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa di Taput, 1 Orang Meninggal dan 9 Luka-luka

1. Status gempa Taput darurat bencana daerah

Gempa Taput Jadi Bencana Daerah, Status Tanggap Darurat 7 hariKapolda Sumut Irjen Pol Panca Simanjuntak tinjau lokasi gempa Taput (IDN Times/Gideon Aritonang)

Bupati Taput Nikson Nababan yang ditemui di Kantor Bupati mengaku telah mengeluarkan SK (Surat Keputusan). Klasifikasi kerusakan akibat bencana ini pun dibagi menjadi 3 bagian.

"Yang pertama itu rusak berat. Artinya kerusakan bangunan membuat tidak bisa ditempati. Kemudian rusak sedang. Contohnya dinding bangunan retak-retak, dan terakhir rusak ringan," terangnya.

Pemkab, dalam hal ini lanjut Nikson berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk memperbaiki bangunan atau rumah milik warga.

"Yang membangun nanti TNI-Polri. Tidak kita kasih ke pihak ketiga. Itu nanti tidak bagus," imbuhnya.

2. Bupati berharap bantuan kepada warga terdampar bukan bentuk sembako

Gempa Taput Jadi Bencana Daerah, Status Tanggap Darurat 7 hariGempa magnitudo 6,0 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Dokumentasi BPBD)

Dimulai hari ini, Pemkab dan TNI-Polri menyalalurkan ribuan paket sembako kepada warga terdampar. Ia juga berharap agar pihak-pihak swasta bersedia memberi bantuan.

"Kita berharap bantuan itu tidak lagi dalam bentuk sembako tapi bentuk bahan bangunan atau fresh money (dana segar)," ujarnya.

Pemkab telah membuat Posko utama di depan Kantor Bupati. Nantinya para bantuan itu disampaikan melalui Posko untuk disalurkan kembali.

"Yang kedua tolong juga disosialisasikan posko ini dan juga rekening posko," pungkasnya.

3. Warga diminta tidak tidur di luar rumah

Gempa Taput Jadi Bencana Daerah, Status Tanggap Darurat 7 hariGempa magnitudo 6,0 mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Dokumentasi BPBD)

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak meminta tidak perlu khawatir dan tidur di luar rumah. Situasi ini, kata dia, masih akan terus membaik.

"Yakin dan percayalah situasi akan semakin baik. Insyaallah trauma healing akan kita lakukan mulai besok," ucapnya.

Selain itu warga juga diimbau untuk tidak takut melakukan aktivitas di luar rumah. Hal tersebut guna memulihkan ekonomi daerah yang terdampak gempa tersebut.

"Kenapa itu penting, karena kuncinya adalah bagaimana kita tetap menjaga pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara," katanya.

Baca Juga: Gempa di Taput, Gubernur Edy Kirim Bantuan dan Tim Tanggap Bencana

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya