Gelar Kontes Regional, Honda Pacu Kompetensi Guru SMK Sumut

Ini nama-nama pemenangnya

Medan, IDN Times - PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) bersama dengan PT Astra Honda Motor menyeleksi 48 tenaga pengajar unggul dan kreatif dari 48 SMK TBSM Astra Honda di wilayah Sumut dalam gelaran Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 yang berlangsung sejak pertengahan hingga akhir Juni 2021.

Seleksi yang ketat menghadirkan keseruan pada pelaksanaan Final Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK TBSM Astra Honda yang berlangsung secara daring pada 22-23 Juli 2021.

1. Elmo Simamora guru dari SMK Negeri 2 Medan berhasil terpilih sebagai guru terbaik

Gelar Kontes Regional, Honda Pacu Kompetensi Guru SMK SumutErwin Chandra Senior Instructor Technical Service di perusahaan Honda PT Indako Trading Coy (Dok. IDN Times)

Diikuti oleh 5 tenaga pengajar terpilih, Elmo Simamora guru dari SMK Negeri 2 Medan berhasil terpilih sebagai guru terbaik dan berkesempatan mewakili Sumut untuk maju ke kontes SMK tingkat nasional yang juga akan dilakukan secara daring pada bulan Agustus.

Sementara itu posisi kedua berhasil diraih oleh Harris Zuhud, tenaga pengajar yang berasal dari SMK Swasta Mandiri, dan posisi ketiga berhasil diraih oleh M Raja Sanubari Harahap yang berasal dari SMK PAB 1 Helvetia.

Antusias luar biasa juga turut ditampilkan dua tenaga pengajar lainnya yang ikut berkompetisi, mereka dalah Fadli Hazmi Arifin, ST dari SMK Muhammadiyah 9 Medan, dan Muhammad Zulham dari SMKN 1 Stabat.

2. Guru ditantang untuk menyajikan materi yang menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa

Gelar Kontes Regional, Honda Pacu Kompetensi Guru SMK Sumut“Technology Sharing Online” yang digelar oleh Honda di Indako Development Center (IDC) (Dok. IDN Times)

Seleksi Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online sendiri merupakan salah satu upaya meneruskan komitmen Honda untuk memastikan kualitas guru yang mumpuni agar semakin adaptif dan kreatif dalam memberikan materi ajar melalui proses pembelajaran jarak jauh yang sedang diterapkan saat ini.

Dimana para guru ditantang untuk menyajikan materi yang menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa dalam proses belajar mengajar yang tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung. Gestur, intonasi, dan pemilihan bahasa mengajar yang jelas, lugas, juga menjadi tantangan besar.

Selama berkompetisi, point penilaian yang diberikan pada para guru meliputi penguasaan materi yang disajikan, kemampuan mengintergasikan berbagai sumber mengajar, pemanfaatan waktu yang baik selama proses belajar mengajar, dan teknik mengajar yang mudah untuk dipahami.

3. Meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Sumatera Utara

Gelar Kontes Regional, Honda Pacu Kompetensi Guru SMK SumutKompetensi Guru SMK Sumut (Dok. IDN Times)

Feri Panji, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy yang bertindak sebagai salah satu juri pada kompetisi ini mengungkapkan, kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online merupakan salah satu upaya Honda menjaga Komitmen untuk tetap berkontribusi dalam pengembangan dunia Vokasi pada masa Pandemi Covid 19 dengan fokus ke pembelajaran online.

"Kami berharap kompetisi ini mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua walaupun dengan metode daring," katanya.

Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy mengungkapkan pihaknya berharap penguatan kompetensi guru yang terus Honda lakukan akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di wilayah Sumatera Utara dan melahirkan para generasi millennial yang cerdas, berani menjawab tantangan, dan profesional dalam bidang otomotif roda dua.

Baca Juga: Coba Lakukan 5 Hal Ini untuk Hilangkan Sifat Pemarah

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya