Gelar Donor Darah, Tambang Emas Martabe Berhasil Kumpulkan 257 Kantong

Membantu ketersediaan dan kebutuhan kantong darah di PMI

Tapanuli Selatan, IDN Times - PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe berhasil menyumbangkan total 257 kantong darah, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Tapanuli Selatan dalam kegiatan Donor Darah "Give the Gift of Live" pada 18-24 September 2019. 

Adapun, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Hari Pertambangan dan Energi ke-74 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Baca Juga: Berkat TBA Melati, Lia Jadi Pandai Membaca, Menulis, dan Menari

1. Membantu ketersediaan dan kebutuhan kantong darah di PMI

Gelar Donor Darah, Tambang Emas Martabe Berhasil Kumpulkan 257 KantongDok. IDN Times/IStimewa

Manager Occupational Health and Safety (OHS) PT Agincourt Resources Hari Ananto menjelaskan kegiatan donor darah sangat penting dilakukan untuk membantu ketersediaan dan kebutuhan kantong darah di PMI.

Berdasarkan perhitungan WHO, kebutuhan kantong darah mencapai 2% dari jumlah penduduk. Di Indonesia, berdasarkan data PMI, setiap tahunnya dibutuhkan 5,2 juta kantong darah, tapi baru terpenuhi 92% dari persediaan PMI.

"Kegiatan donor darah sangat kental nilai kemanusiaannya. Melalui donor darah kita dapat ikut serta memberikan harapan hidup kepada orang lain karena satu kantong darah dapat menyelamatkan tiga nyawa. Tentu saja ini sangat berarti. Selain itu, kami juga ingin mendorong para karyawan untuk memiliki gaya hidup sehat, karena donor darah banyak manfaatnya," tutur Hari.

Lebih lanjut Hari merinci beberapa manfaat melakukan donor darah yakni menurunkan risiko terkena penyakit seperti jantung, dan penyumbatan pembuluh darah, menurunkan kolesterol, menurunkan risiko kanker, hingga menurunkan berat badan.

2. Sudah dua kali sepanjang 2019

Gelar Donor Darah, Tambang Emas Martabe Berhasil Kumpulkan 257 Kantongabc.net.au

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono mengemukakan kegiatan donor darah kali ini merupakan yang kedua sepanjang tahun ini.

Sebelumnya, secara rutin, pada peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, PT Agincourt Resources juga menggelar kegiatan donor darah.

"Sektor kesehatan menjadi salah satu fokus program pengembangan masyarakat dari perusahaan. PT Agincourt Resources secara konsisten turut mendukung peningkatan kualitas kesehatan masyarakat melalui berbagai program, tak hanya donor darah tapi juga dukungan pengecekan kesehatan gratis ke berbagai desa lingkar tambang, dukungan kegiatan para lanjut usia, bantuan pembangunan saranan dan prasarana kesehatan, hingga pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis," tutup Katarina.

Baca Juga: Puskesmas Batangtoru Terjunkan Kader untuk Berburu Pasien TBC Paru

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya