Foto Karya Dedi Sinuhaji Akan Warnai Sinabung Art Festival 2023

Sinabung Art Festival akan digelar 29-30 April 2023

Karo, IDN Times - Pewarta Foto Senior, Dedi Sinuhaji akan mewarnai event Sinabung Art Festival (SAF) 2023 di Villa Mari Pro Lau Kawar yang terletak di Desa Kuta Gugung, Kabupaten Karo.

Puluhan karya foto erupsi Gunung Sinabung akan menghiasi ruang pameran foto di event Sinabung Art Festival yang akan berlangsung pada 29-30 April 2023 mendatang. Sebelumnya, puluhan karya foto Dedi Sinuhaji juga sudah dipamerkan dalam event road to Festival Art Sinabung di Villa Mari Pro Lau Kawar, 17-18 Februari lalu.

Dedi mengatakan sebanyak puluhan karya foto jurnalistik erupsi Gunung Sinabung akan di pamerkan guna mewarnai event puncak SAF 2023.

"Hari ini hanya beberapa karya saja yang saya pamerkan. Tapi, di puncak event Sinabung Art Festival nanti sedikitnya 20 karya dengan konsep instalasi yang menyatu dengan alam foto-foto Sinabung akan mengisi areal Villa Mari Pro di Lau Kawar ini, " Ungkap Dedi Sinuhaji.

1. Sejak 2010 Dedi Sinuhaji aktif mendokumentasikan Gunung Sinabung

Foto Karya Dedi Sinuhaji Akan Warnai Sinabung Art Festival 2023Pameran Foto Dedi Sinuhaji (Dok. Pribadi)

Sebagai informasi, Dedi Sinuhaji merupakan pewarta foto di kantor berita internasional European Pressphoto Agency (EPA). Erupsi Gunung Sinabung sejak 2010, Dedi Sinuhaji aktif mendokumentasikan Gunung Sinabung. Karyanya banyak di publish di sejumlah media nasional dan media internasional. Seperti Tribun, Kompas, Time, Guardian, The New York Times, hingga The Telegraph.

Selain melakukan peliputan Erupsi Gunung Sinabung, pria Karo yang pernah mengemban sebagai Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI-Medan) periode 2013-2016 ini juga bergerak melakukan aksi kemanusiaan dengan mendirikan komunitas relawan Laskar Karo Erdilo.

Bersama Relawan Laskar Karo Erdilo, Dedi Sinuhaji memanfaatkan jejaringnya untuk memberikan edukasi dan kegiatan trauma healing terhadap anak-anak sekolah di lingkar Gunung Sinabung.

2. SAF adalah seni pertunjukan berbasis budaya

Foto Karya Dedi Sinuhaji Akan Warnai Sinabung Art Festival 2023Pewarta Foto Senior, Dedi Sinuhaji (Dok. Pribadi)

SAF 2023 digelar untuk memperkenalkan warna kebudayaan Karo yang sebenarnya kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat yang berasal dari luar Sumatera Utara.

Penyelenggara SAF 2023, Andreas Ginting berharap event seni pertunjukan berbasis budaya ini menjadi kegiatan tahunan yang menyajikan warna baru budaya Karo yang sebenarnya.

Event puncak digelar seminggu setelah Lebaran dengan harapan banyak orang dari luar kota yang datang membawa keluarga.

"Di sini suasananya berbeda, venuenya berbeda, Ini bukan event yang didukung pendanaan oleh pemerinrah, support ada beberapa item. Kita sebagai pencetus ide membuat acara ini secara mandiri, mohon bantuannya. Lewat acara ini kita mau mengajak pemerintah desa agar mereka mengubah mindset soal budaya, budaya Karo ini harus dirawat dan diperkenalnya kepada masyarakat luas," ungkapnya, Sabtu (18/2/2023).

3. Ingin memperkenalkan budaya asli Karo

Foto Karya Dedi Sinuhaji Akan Warnai Sinabung Art Festival 2023Road to Sinabung Art Festival digelar di Villa Mari Pro, Lau Kawar, Kabupaten Karo, Jumat - Sabtu (17-18/2/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Pria yang akrab disapa Paul ini menjelaskan indeks literasi kebudayaan provinsi Sumut ini masih sangat rendah, berada di peringkat 22 dari 33 provinsi. Dengan memperkenalkan budaya asli Karo ini Paul berharap indeks literasi kebudayaan Sumut bisa meningkat.

Ia menerangkan event SAF 2023 ini bukan ditujukan untuk warga desa sekitar tetapi untuk tamu-tamu premium dari luar kota.

"Jadi kita menghadirkan kualitas bukan kuantitas. Ini event pertama, jadi mohon dukungan. Untuk event perdana ini saya dibantu Bang Thomson HS, maestro seni dan budaya sebagai kurator dan juga dibantu musisi Karo, Anton Sitepu. Jadi kalau nanti ada dukungan lain dari pemerintah, kami akan tingkatkan kualitasnya. Kita ingin tempat ini dan event SAF inj jadi tempat merawat dan memperkenalkan, mempertunjukkan budaya Karo yang sebenarnya," terangnya.

Paul juga berharap SAF ini jadi event tahunan yang menjadi tolak ukur bahwa ini lah budaya Karo yang sebenarnya.

Baca Juga: Road to Sinabung Art Festival, Kenalkan Budaya Karo yang Sebenarnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya