Mau Gabung Ke AIESEC in USU, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui

Tak kenal maka tak sayang, kan!

Medan, IDN Times - Dalam pergerakan global yang semakin kompetitif, seorang mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memiliki wawasan dan kecakapan dalam bidang keilmuannya.

Mahasiswa juga diharapkan memiliki keterampilan tambahan dan soft skill, terutama jiwa kepemimpinan, untuk dapat menghadapi dunia kerja. Salah satu cara yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mengasah kepemimpinan adalah dengan mengikuti organisasi yang bergerak di bidang tersebut, seperti AIESEC.

AIESEC merupakan organisasi internasional kepemudaan yang bergerak di bidang kepemimpinan sejak 1948. AIESEC memiliki visi mulia yaitu memberdayakan pemuda untuk mencapai perdamaian dan pemenuhan potensi manusia, atau dalam bahasa keren AIESEC yaitu “We strive to achieve Peace and Fulfillment of Humankind’s Potential”.

AIESEC sendiri tersebar di berbagai belahan dunia tepatnya di 114 negara dan dijalankan oleh lebih dari 31.537 anggota di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, AIESEC terdapat di 24 universitas, salah satunya di Universitas Sumatera Utara, yang lebih dikenal sebagai AIESEC in USU.

Nah, berikut 5 hal yang perlu kamu tahu tentang AIESEC in USU. Yuk disimak!

1. Memiliki kegiatan berdampak sosial

Mau Gabung Ke AIESEC in USU, Ini 5 Hal yang Harus Kamu KetahuiAIESEC in USU (Dok. IDN Times)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, AIESEC in USU merupakan salah satu dari 24 cabang AIESEC di Indonesia. Rizki Devina, President AIESEC in USU tahun 2020, mengatakan bahwa sejak tahun 2013, AIESEC in USU telah berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pemberdayaan pemuda dan masyarakat di Kota Medan melalui program-programnya setiap tahun.  

“Bahkan ketika pandemi COVID-19 yang semakin membatasi interaksi antar sesama, AIESEC in USU tetap berkembang dan aktif untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan pada para pemuda dan membuat dampak  positif di masyarakat melalui program-programnya. Adapun program-program yang telah dikerjakan dari tahun 2013 hingga kini antara lain: Program pertukaran pelajar melalui Global Volunteer, Global Talent, Hometown Project, Summer School Sensation, Youth Speak Forum, Start with Yourself Project,  dan di tahun ini pada bulan Agustus yang lalu dilaksanakan Virtual Impact Circle dengan peserta yang mencapai 600+ orang dari Kota Medan dan kota lainnya di Indonesia,” ujar Rizki Devina. 

Baca Juga: Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 Terpukau

2. AIESEC in USU Menyediakan Program Exchange

Mau Gabung Ke AIESEC in USU, Ini 5 Hal yang Harus Kamu KetahuiAIESEC in USU (Dok. IDN Times)

Selain menjadi anggota, mahasiswa juga dapat mengembangkan skill kepemimpinan dengan mengikuti dua program exchange yang disediakan AIESEC in USU. Kedua program tersebut ialah Global Volunteer dan Global Talent.

Global Volunteer adalah program exchange yang menyediakan pengalaman bagi mahasiswa untuk menjadi relawan di luar negeri selama 6-8 minggu. Sedangkan Global Talent sendiri adalah program exchange yang menyediakan pengalaman kerja secara profesional bagi pemuda di berbagai negara pilihan dengan durasi 6-12 minggu.

Ini merupakan berita gembira bagi pemuda-pemudi yang berkeinginan untuk memiliki pengalaman tinggal di luar negeri dan berkiprah di kancah internasional. Adapun negara-negara yang pernah dituju pemuda-pemudi exchange AIESEC in USU diantaranya ialah Polandia, Korea Selatan, India, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan masih banyak lagi.

3. Skills yang Dikembangkan dalam Kegiatan AIESEC

Mau Gabung Ke AIESEC in USU, Ini 5 Hal yang Harus Kamu KetahuiAIESEC in USU (Dok. IDN Times)

Jika dilihat kembali jumlah total anggota AIESEC seluruh Indonesia, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa segitu banyaknya pemuda yang tertarik dengan AIESEC. Jawabannya jelas karena mereka merasakan banyak manfaat nyata. Salah satu manfaat yang diperoleh adalah mahasiswa dapat mengembangkan soft skills yang kelak akan turut membentuk masa depan kita. 

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan-kegiatan AIESEC misalnya melatih kita untuk fokus pada solusi atau solution-oriented, lebih mengenal diri sendiri, dapat memberdayakan orang lain, terbuka terhadap isu dunia, dan masih banyak lagi. Selain itu, mengingat AIESEC adalah organisasi internasional, keterampilan kita dalam menggunakan Bahasa Inggris akan sangat terasah. Bahkan, wawancara untuk menjadi anggota AIESEC pun dilakukan dalam Bahasa Inggris. Nah, apakah kamu tertarik untuk menjadi anggota AIESEC?

4. Mengedepankan kualitas dibandingkan kuantitas

Mau Gabung Ke AIESEC in USU, Ini 5 Hal yang Harus Kamu KetahuiAIESEC in USU (Dok. IDN Times)

Tahun 2020 ini, jumlah member aktif AIESEC in USU adalah sekitar 23 orang yang dibagi ke dalam 5 divisi. Terdengar sedikit memang, tetapi AIESEC memang mengedepankan kualitas dibandingkan kuantitas.

Lima divisi dalam AIESEC in USU adalah ‘Outgoing Global Volunteer’ dan ‘Outgoing Global Talent’ yang menyediakan program-program exchange, ‘External Relations’ atau Humas dari AIESEC in USU, ‘Talent Management’ yang mirip seperti HRD dalam sebuah perusahaan, dan ‘Finance Governance and Legal’ yang bertugas dalam urusan keuangan dan administratif. 

Layaknya perusahaan, semua anggota bekerja dalam menjalankan program dan kegiatan AIESEC. 

5. Memiliki jaringan yang luas

Mau Gabung Ke AIESEC in USU, Ini 5 Hal yang Harus Kamu KetahuiAIESEC in USU (Dok. IDN Times)

Ketika kamu berkecimpung di AIESEC atau menjadi AIESECer dan aktif mengikuti kegiatannya seperti conference, kamu akan mengenal banyak AIESECers lain dari berbagai universitas.

Ini membuat kamu dapat memiliki jaringan atau networking yang luas. Selain kenal dan berteman dengan AIESECers di universitas yang sama, kamu juga dapat berteman dengan AIESECers yang berbeda universitas bahkan berbeda negara. Dengan jaringan yang kuat ini, tentu akan memberikan kamu banyak manfaat kedepannya. 

Nah, dari kelima hal di atas, semoga kamu bisa lebih kenal dengan AIESEC in USU ya! Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, kamu dapat mencari informasi lebih lanjut melalui www.aiesec.or.id/ atau melalui line@ AIESEC in USU dengan username @gyy4304g.

Baca Juga: 10 Potret Memesona Sari Nila, Mama Aldebaran di Sinetron Ikatan Cinta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya