Dua Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Binjai Terendam Banjir

Warga mengungsi ke rumah saudara

Binjai, IDN Times - Ratusan rumah di Kota Binjai, Sumatera Utara, tergenang banjir akibat luapan dua sungai yang membelah Binjai. Kondisi ini diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi pada, Selasa (12/11) sekitar pukul 01.00 WIB.

Tidak hanya itu, banjir diduga juga akibat draenase yang kurang baik.

Pantauan IDN Times di Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Binjai Selatan, genangan air sudah setinggi perut orang dewasa, akibat sungai Bangkatan yang tidak mampu menampung air.

Ribuan penduduk sekitar yang rumahnya terkena banjir harus mengungsi ke rumah saudara mereka yang lebih tinggi.

1. Masyarakat mengungsi ke rumah tetangga dan saudara

Dua Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Binjai Terendam BanjirIDN Times/Handoko

Seorang warga Zulkarnain Nasution mengatakan, dia dan keluarganya harus mengungsi ke rumah orang tuanya setelah rumahnya terkena banjir kiriman.

"Mau gimana lagi. Mengungsi lah dulu. Sudah tinggi kali," kata Zulkarnain sambil menunjukkan air sudah setinggi perutnya.

Sementara masyarakat yang tinggal di seputaran sungai Mencirim juga harus meninggalkan rumah mereka, karena air sungai sudah meluap dan masuk ke rumah mereka.

"Selain guyuran hujan yang membuat air sungai naik. Diduga drainase yang kurang baik juga menjadi penyebab," kata dia menduga.

Baca Juga: Cerita Warga Medan yang Takut Makan Ikan Gara-gara Bangkai Babi

2. Masjid Al-Iltihad juga terdampak banjir

Dua Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Binjai Terendam BanjirIDN Times/Handoko

Ketua BKM Masjid Al-Iltihad, Ardiansyah Putra mengatakan air sudah menggenangi sekeliling masjid. Namun air, kata Ardiansyah belum masuk ke dalam masjid.

"Saya sudah periksa. Air belum masuk ke masjid. Masih sekeliling masjid saja," katanya.

Pria yang juga anggota DPRD Binjai itu berharap, agar luapan air Sungai Mencirim segera surut sehingga masyarakat yang rumahnya terkena banjir bisa kembali ke rumah.

"Kita harap air ini segera surut," harapnya.

3. Banjir kiriman, BPBD siapkan perahu karet

Dua Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Binjai Terendam BanjirIDN Times/Handoko

Sementara petugas BPBD Kota Binjai telah menyediakan sebuah perahu karet untuk mengevakuasi warga yang rumahnya tergenang banjir.

"Kita sudah siaga di lokasi dan perahu karet juga sudah dibawa untuk antisipasi," kata koordinator petugas lapangan BPBD Binjai, Surya Wijaya.

Dia menambahkan, air yang menggenangi sebagian wilayah Kota Binjai merupakan banjir kiriman akibat derasnya hujan di daerah Langkat Hulu.

Masih kata Surya, sejauh pantauan mereka di daerah Langkat Hulu, curah hujan sudah berkurang. "Hujan di atas (Langkat Hulu) sudah reda. Kita harap air sungai ini menurun," katanya.

Meski air perlahan surut, jelasnya, dirinya meminta warga terus waspada. Sebab, cuaca beberapa hari terakhir terbilang ekstrem dan tidak menutup kemungkinan hujan akan kembali mengguyur dan mengakibatkan banjir.

Baca Juga: Gara-gara Babi, Warga Gak Mau Beli Ikan dan Nelayan Pun Mogok

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya