Dongkrak Kapasitas Guru SMK dengan Sertifikasi Level Bronze

Inovasi penerapan sistem pendidikan link and match

Komitmen sinergi bagi negeri kembali ditunjukkan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) melalui aktivitas berbagi ilmu teknologi terbaru motor Honda kepada dunia pendidikan bertajuk “Sertifikasi Guru Level Bronze” yang berlangsung pada 26 Januari 2022.

Bertempat di Indako Development Center (IDC) Jl. Adam Malik Medan, pelatihan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ini diikuti oleh sejumlah guru SMK Mitra Binaan AHM se- Sumut yang menerapkan Kurikulum SMK TBSM Astra Honda.

Pada kegiatan ini, para instruktur Technical Service Honda memberikan beragam materi mengenai perkembangan teknologi sepeda motor Honda kepada para guru. Antusias luar biasa juga ditunjukkan para guru SMK Mitra Binaan AHM yang berasal dari kota Medan dan Langkat ini pada setiap materi yang disajikan.

 

Baca Juga: 6 Infrastruktur di Sumut yang akan Diresmikan dan Ditinjau Jokowi

1. Pelatihan memfokuskan pada 5 poin penilaian

Dongkrak Kapasitas Guru SMK dengan Sertifikasi Level BronzeIndako berbagi ilmu teknologi terbaru motor Honda kepada dunia pendidikan bertajuk “Sertifikasi Guru Level Bronze” (Dok. IDN Times)

Sebelum pelatihan, para guru terlebih dahulu mengikuti pre tes sebagai tolok ukur awal kompetensi guru. Tidak hanya itu, setelah pelatihan, pemahaman guru juga diuji sesuai standar kompetensi yang ditetapkan guna mendapatkan sertifikat sebelum nantinya mereka menyampaikan ilmu yang diperoleh kepada para anak didiknya.

Aktivitas pengayaan dan pendalaman pengetahuan otomotif bagi guru SMK Mitra Binaan AHM ini juga menghadirkan beragam teknologi motor Honda juga berhasil dilahap para guru dalam pelatihan kali ini. Dimana pelatihan memfokuskan pada 5 poin penilaian, di antaranya Materi General (Identifikasi alat Ukur), Engine, Electrical, Fuel System ( PGM-FI ) & Chasis.

2. Mendukung tugas mereka sebagai tenaga ajar

Dongkrak Kapasitas Guru SMK dengan Sertifikasi Level BronzeIlustrasi siswa SMK. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Muhammad Ika Syahputra salah seorang guru yang berasal dari SMK Sri Langkat mengatakan, pelatihan yang diberikan Honda tentunya akan sangat bermanfaat dalam mendukung tugas mereka sebagai tenaga ajar para generasi penerus bangsa.

Menurutnya dengan kompetensi yang mumpuni, tentunya proses belajar mengajar para guru SMK akan menghasilkan kualitas yang lebih baik.

3. Terobosan Honda dalam berinovasi terkait penerapan sistem pendidikan link and match

Dongkrak Kapasitas Guru SMK dengan Sertifikasi Level BronzeSafety Riding Lab di SMK Panca Abdi Bangsa (PABA), Kota Binjai, Sumatera Utara (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Feri Panji, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy mengungkapkan, bahwa perkembangan teknologi motor yang pesat perlu diimbangi dengan kecepatan pengembangan kompetensi di dunia pendidikan maupun industri.

Menurutnya pelatihan yang diberikan bagi para guru SMK Mitra Binaan AHM ini merupakan salah satu terobosan Honda dalam berinovasi terkait penerapan sistem pendidikan link and match antara industri dan dunia kerja, serta menjaga komitmen dalam membangun tenaga pengajar unggul di bidang vokasi.

“Dengan semangat Satu Hati, Honda ingin tetap hadir dan berperan aktif mengembangkan dunia vokasi di Sumatera Utara. Honda juga berharap pelatihan yang dilaksanakan bagi guru-guru di SMK Mitra Binaan AHM ini dapat mendukung terciptanya pendidikan vokasi yang lebih baik dengan melahirkan lulusan SMK Sumatera Utara yang bermutu dan kompetitif,“ ujar Feri Panji.

Baca Juga: Mengenal Atika Azmi, Wakil Bupati Termuda di Indonesia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya