Diikuti 161 Atlet, Wagub Ijeck Buka Kejurda Taekwondo Pelajar

Ajang seleksi atlet menuju Popnas di Papua

Medan, IDN Times - Kejuaraan daerah (Kejurda) Taekwondo tingkat pelajar se-Sumut diikuti 161 atlet yang mulai berlangsung di GOR Dispora Sumut, Rabu (7/8). Kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari ini akan memperebutkan Piala Gubernur Sumut.

Adapun para atlet yang bertanding ini berasal dari 13 kab/kota se-Sumut. Mulai dari Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebingtinggi, Asahan, Simalungun, Pematangsiantar, Karo, Labuhanbatu Selatan, Dairi. Serta tim taekwondo PPLP Dispora Sumut.

1. Jaring atlet ke Popnas Papua

Diikuti 161 Atlet, Wagub Ijeck Buka Kejurda Taekwondo PelajarIDN Times/Hasudungan

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengatakan, kejuaraan ini bertujuan untuk menjaring atlet untuk mewakili Sumut di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 Papua. Selain itu, kejurda juga unk mempersiapkan atlet ke tingkat lebih tinggi seperti PON selanjutnya saat di Sumut-Aceh jadi tuan rumah pada 2024.

"Taekwondo merupakan salah satu cabor yang dipertandingan di PON. Jadi kami harap bisa menjaring atlet yang nantinya akan tampil di Popnas, juga di PON Papua," tutur pria yang akrab disapa Ijeck ini.

Baca Juga: Bangganya Rustam, Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Seharga Rp88 Juta

2. Berharap pembinaan atlet dari usia dini sampai senior terus berjalan

Diikuti 161 Atlet, Wagub Ijeck Buka Kejurda Taekwondo PelajarIDN Times/Hasudungan

Pihaknya juga berharap, kejurda mampu meningkatkan pembinaan para atlet demi terciptanya regenerasi. Pihaknya ingin, atlet-atlet senior saat ini mempunya lapis kedua yang mumpuni.

Untuk itu, Ijeck ingin pembinaan secara berjenjang terus dilakukan untuk melahirkan atlet baru. Salah satunya dengan event kejurda tingkat pelajar seperti ini.

"Kita harapkan pembinaan atlet dari usia dini sampai dengan senior terus berjalan. Ini harus terus kita lakukan sebagai langkah regenerasi," jelasnya.

3. Tingkatkan pembinaan masing-masing dojo

Diikuti 161 Atlet, Wagub Ijeck Buka Kejurda Taekwondo PelajarIDN Times/Hasudungan

Kadispora Sumut, Baharuddin melaporkan, para atlet akan bertanding di kelas Kyorugi (tarung) putra dan putri, masing-masing 10 kelas. Selain itu kelas poomsae (seni) tunggal dan beregu putra-putri.

Menurutnya, tujuan pelaksanaan kejuaraan ini demi meningkatkan pembinaan atlet taekwondo di masing-masing dojo yang ada di setiap daerah termasuk setiap kecamatan yang ada. Pihaknya yakin, ajang ini tepat untuk menseleksi atlet menjadi bagian pelatda Sumut ke Popnas.

Baca Juga: Gabriel Batistuta Ikut Seleksi Klub Liga 3 Indonesia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya