[BREAKING] Jalan Lintas Siantar-Tanah Jawa Putus Total Akibat Longsor

Polisi buka jalur alternatif

Simalungun, IDN Times - Jalan lintas sumatera Siantar-Tanah Jawa yang berada di Pondok 8, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun longsor pada Minggu (31/3) sore. Longsor itu terjadi dikarenakan curah hujan yang tinggi dan luapan air sungai. Akibatnya arus lalu lintas putus total. 

Menurut keterangan Kapolsek Tanah Jawa Kompol Hasudungan Panggabean, longsor terjadi dikarenakan debit air yang berasal dari perkebunan PTPN IV sangat deras. Tekstur tanah yang tidak mampu menampung derasnya air pun amblas perlahan-lahan. 

"Kalau hujan deras di sini memang rawan longsor sangat rawan. Kita harapka warga tetap hati-hati,"ucapnya. 

Dari amatan IDN Times, Senin (1/4), lokasi longsor sampai saat ini masih belum teratasi. Puluhan masyarakat berkumpul untuk melihat kondisi aspal yang amblas, begitupun gorong-gorong yang ada di bawahnya. 

Untuk mengurangi kemacetan, Polres Simalungun membuat lajur alternatif bagi pengguna mobil dan truk. Sementara penguna sepeda motor dihumbau untuk melalui jalan setapak di areal perkebunan sawit. 

Bagi masyarakat yang datang dari arah Siantar menuju Tanah Jawa dapat melalui pasar baru simpang empat, kemudian belok kanan tembus ke lapangan sepak bola blok x dan langsung menuju simpang saropa. 

"Begitupun bagi masyarakat yang datang dari arah Tanah Jawa dapat melalui jalan alternatif yang kita sediakan. Kemudian kita juga menyediakan bus untuk anak sekolah," ujar Kompol Hasudungan Panggabean. 

Baca Juga: Daniel Ompusunggu, Perkenalkan Budaya Batak hingga Ke-10 Negara

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya