Belajar Jadi Konsumen yang Tidak Mudah Percaya dan Kritis

Ini beberapa tips menghindari kejahatan cyber

Medan, IDN Times - Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara Kembali bergulir dengan tajuk “Pilih Mana: Nabung atau Belanja Online”.

Cecep Nurul Alam, Bidang Ahli ICT Kopertais II Jawa Barat dan Kepala Divisi e-Learning memaparkan kita harus bisa menjadi konsumen yang tidak mudah percaya dan selalu kritis supaya dapat terhindar dari tindak penipuan ataupun tindak kejahatan lainnya.

Lisa Adhrianti, Dosen Unib, Japelidi menjelaskan beberapa tips menghindari kejahatan cyber di antaranya yaitu aktifkanlah fitur push notification atau email, gunakan fitur autentikasi dua faktor dan ganti kata sandi secara berkala.

Syahrul Amsari, Sekretaris Prodi Manajemen Bisnis Syariah FAI UMSU mengatakan kita harus bisa bijak untuk membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan, hal ini dilakukan supaya kita bisa tetap aman dalam menabung.

Salman Nasution, Dosen FAI UMSU, Wakil Ketua Pusat Bahasa UMSU menuturkan kita harus bisa menjadi masyarakat yang pintar dan bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada saat ini dengan bijak.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya