Comscore Tracker

7 Cara Bikin Sepeda Motor Fit Kembali Setelah Dibawa Mudik

Kalau motor fit, mobilitas kamu juga bakal ga terganggu

Menjadi sebuah tradisi masyarakat ketika tiba hari lebaran, mudik menuju kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga tercinta menjadi hal yang paling dirindukan para perantau. Untuk mudik, berbagai moda transportasi pun digunakan sebagai pilihan, salah satunya yaitu kendaraan roda dua yang banyak dipilih pemudik karena kepraktisan dan keefisienannya.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara, banyak persiapan yang harus dilakukan ketika akan mudik, sama halnya dengan persiapan ketika kembali dari mudik.

Dimana setelah mudik pemilik sepeda motor harus melakukan pemeriksaan dan perawatan agar performa sepeda motor tetap optimal dan nyaman digunakan menemani aktivitas harian.

Untuk mengembalikan performa sepeda motor dalam kondisi optimal setelah digunakan mudik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yuk simak:

1. Ganti oli

7 Cara Bikin Sepeda Motor Fit Kembali Setelah Dibawa MudikIDN Times/Dhana Kencana

Pertama, setelah perjalanan jauh, kualitas oli dalam memberikan perlindungan komponen mesin akan berkurang. Karena itu perlu dilakukan penggantian oli agar komponen mesin tetap terlindungi dan bekerja dengan optimal. Selain itu, oli yang baik dan sesuai dengan spesifikasi mesin akan membuat suhu mesin selalu dalam kondisi ideal.

2. Periksa kondisi ban

7 Cara Bikin Sepeda Motor Fit Kembali Setelah Dibawa MudikIlustrasi Ganti Ban Motor Bocor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Kedua, ban bekerja sangat keras ketika melintasi beragam kondisi jalan di sepanjang jalur mudik dan balik dari kampung halaman. Karena itu, periksalah dengan seksama kondisinya, apakah ada bagian yang rusak atau retak serta periksa ketebalannya.

Jika permukaan ban sudah sejajar dengan benjolan Tread Wear Indicator (TWI) yang berada di celah pattern/kembangan ban, maka gantilah ban dengan yang baru agar daya cengkram ban ke aspal lebih optimal.

Baca Juga: Cari Sekolah Anak, Ini 18 SMA Terbaik di Sumatra Utara

3. Bersihkan filter

Ketiga, setelah melakukan perjalanan jauh, kotoran yang menempel pada filter udara perlu dibersihkan agar tak menghambat aliran udara ke ruang bakar. Karena hambatan aliran udara ke ruang bakar akan membuat proses pembakaran di ruang bakar tak sempurna. Imbasnya kinerja mesin dan performanya akan menurun.

Selain itu, membersihkan filter udara akan mencegah kotoran yang menempel di filter ikut terbawa masuk ke ruang bakar yang berisiko menimbulkan kerusakan komponen mesin sepeda motor.

4. Pastikan seluruh bagian rem masih dalam kondisi baik

7 Cara Bikin Sepeda Motor Fit Kembali Setelah Dibawa MudikIlustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Keempat, bagian rem jadi salah satu komponen yang harus mendapatkan perhatian khusus setelah melewati perjalan mudik dan balik yang panjang.

Selain masalah kebersihan yang dapat menghambat kinerja rem, pastikan seluruh bagian rem masih dalam kondisi baik seperti ketebalan kanvas rem, volume minyak rem dan ketebalan cakram.

5. Periksa jarak kekencangan rantai dan kondisi gir

7 Cara Bikin Sepeda Motor Fit Kembali Setelah Dibawa Mudikunsplash.com/@belart84

Kelima, periksa jarak kekencangan rantai dan kondisi gir. Jika kondisi rantai terlihat kendur, maka segera kencangkan agar sepeda motor tetap nyaman digunakan.

Untuk kondisi gir, pastikan mata gir tidak dalam kondisi aus yang ditandai dengan tingkat keruncingannya.

6. Periksa kebersihan CVT

7 Cara Bikin Sepeda Motor Fit Kembali Setelah Dibawa MudikIlustrasi CVT Skuter Matik (IDN Times/Fadhliansyah)

Keenam, kebersihan CVT sangat penting karena berhubungan dengan penggerak roda. CVT yang kotor dapat menghambat kerja pulley dan v-belt. Selain itu, CVT yang kotor juga bisa menimbulkan gredek dan penurunan performa sepeda motor.

7. Periksa juga kondisi baterai atau aki

7 Cara Bikin Sepeda Motor Fit Kembali Setelah Dibawa Mudikldsmx.com

Ketujuh, pastikan seluruh komponen kelistrikan masih berfungsi dan bekerja dengan baik. Periksalah lampu depan, belakang, sein dan lampu indicator pada panel meter masih menyala dengan normal.

Selain itu, periksa juga kondisi baterai atau aki. Pastikan daya atau tegangan yang dihasilkan dari aki sesuai dengan standar pabrikan.

Jika tegangannya sudah menurun, segera ganti aki dengan yang baru agar kinerja komponen yang membutuhkan daya listrik tetap bekerja secara optimal. Kedelapan, periksa dan pastikan ketinggian volume cairan radiator masih dalam batas yang dianjurkan agar proses pendinginan mesin dapat bekerja dengan baik dan mesin selalu dalam suhu ideal.

Erwin Chandra menambahkan, untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan secara menyeluruh, bawalah sepeda motor Honda kesayangan ke bengkel resmi AHASS terdekat guna memastikan seluruh komponen sepeda motor masih dalam kondisi baik sehingga motor tetap aman dan nyaman digunakan setelah mudik. Jika ada komponen yang harus diganti, gunakanlah suku cadang Honda Genuine Part untuk kualitas terbaik.

Baca Juga: Profil Tiga Anak Sumut yang Masuk Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya