2 Kali Absen Acara Kenegaraan, Ketua DPRD Sergai Dinilai Langgar Etika

Dua Kali Tak Hadir Acara Kenegaraan, Ketua DPRD Sergai Dinil

Serdang Bedagai, IDN Times - Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai, dr Riski Ramadhan Hasibuan sudah dua kali tidak hadir dalam kegiatan kenegaraan dalam rangka HUT Ke-76 Kemerdekaan Indonesia, Selasa (17/8/2021).

Sebelumnya dr Riski Ramadhan Hasibuan tidak hadir memimpin rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Serdang Bedagai dalam rangka mengikuti sidang tahunan MPR-DPR-DPD RI dan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo, Senin (16/8/2021).

Pada momen upacara pengibaran bendera di halaman Kantor Bupati Serdang Bedagai dan detik-detik proklamasi yang disaksikan secara virtual pun tak dihadiri anggota legislatif dari Partai Gerindra ini.

Pengamat sosial dari Universitas Sumatera Utara (USU) Agus Suryadi, mengatakan ketidakadiran Ketua DPRD Serdang Bedagai dr Riski Ramadhan Hasibuan dalam kegiatan kenegaraan menjadi persoalan etika.

1. Secara etika menjadi persoalan

2 Kali Absen Acara Kenegaraan, Ketua DPRD Sergai Dinilai Langgar EtikaKetua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai, dr Riski Ramadhan Hasibuan (Dok. IDN Times)

Menurutnya, sebagai pimpinan wakil rakyat, perbuatan dr Riski tak etis mengabaikan acara kenegaraan tanpa alasan yang tak jelas. Terkecuali, kata Agus, adanya force majeure atau keadaan memaksa dengan diberi surat keterangan tidak bisa hadir.

"Sebenarnya kalau dari aturan ketidakhadiran sebagai pimpinan DPRD secara kolektif kolegial tidak masalah gak hadir. Tetapi secara etika menjadi persoalan. Apalagi acara nasional bersifat kenegaraan, sesibuk apapun harus bisa memimpin dan hadir. Kecuali memang force majeure hingga tak hadir, kalau tidak ada berarti etikanya kurang," kata Agus.

Agus menambahkan seharusnya antar kelembagaan saling menjaga etika. Jika kepala daerah hadir, lanjutnya, sebagai legislatif juga hadir.

"Etika berpolitik itu yang tidak memberikan contoh yang baik. Konsekuensi dari seorang pimpinan harus bisa menempatkan posisi di segala-galanya. Tak ada alasan gak hadir, kecuali force majeure pribadi misalnya kemalangan keluarga dan lainnya," ungkapnya.

Sebagai pimpinan, lanjut Agus, dr Riski Ramadhan Hasibuan dipilih untuk bisa mengayomi anggotanya. Terlepas pantas atau tidaknya menjadi pimpinan, Agus mengungkap, perwakilan rakyat yang duduk di DPRD Serdang Bedagai yang bisa menilai.

"Pantas atau tidaknya, sebagian pengamat tidak bisa campuri. Penilaian ada di lembaga, anggota. Tetapi kalau memang melanggar aturan tata tertib di dewan karena kelembagaan dan membuat anggota tak nyaman, itu bisa saja tidak pantas," ujarnya.

2. Sampai sekarang tidak ada keterangan lisan dan tulisan

2 Kali Absen Acara Kenegaraan, Ketua DPRD Sergai Dinilai Langgar EtikaKetua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai, dr Riski Ramadhan Hasibuan (Dok. IDN Times)

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Serdang Bedagai Budi mengaku tidak mengetahui alasan pasti Ketua DPRD Serdang Bedagai yang juga kader Partai Gerindra dr. M. Rizky Ramadhan Hasibuan tidak mengikuti acara Kenegaraan.

Hal itu diungkapkan Budi saat di konfirmasi via Telp selularnya siang tadi, Selasa (17/8/2021).

Budi mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui alasan pasti ketidakhadiran kadernya di acara Kenegeraan rapat paripurna istimewa DPRD dalam rangka mengikuti sidang tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI HUT ke 76 kemerdekaan RI, Senin (16/8/2021).

"Di DPC sendiri sampai sekarang tidak ada informasi. Sampai sekarang tidak ada keterangan lisan dan tulisan mengenai ketidakhadirannya. Dan kami juga baru semalam dengar bahwa dia tidak hadir di paripurna,"ungkap Budi.

Iapun mengaku bahwa pihaknya mengetahui dirinya tidak hadir diacara Kenegaraan rapat paripurna dari media yang menginformasikan ada keluarganya yang kemalangan.

"Secara pemberitahuan personal beliau tidak ada, tapi dengar beritanya seperti itu (kemalangan),"ucapnya.

3. Ketua Gerindra Sergai: Kalaupun ada halangan harusnya bisa dikonfirmasi

2 Kali Absen Acara Kenegaraan, Ketua DPRD Sergai Dinilai Langgar EtikaKetua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai, dr Riski Ramadhan Hasibuan (Dok. IDN Times)

Pihaknya akan menindaklanjuti ketidakhadiran Ketua DPRD Sergai dr. Rizky Ramadhan Hasibuan ini dan akan mengkonfirmasinya terlebih dahulu.

"Kalau kami dari partai Gerindra akan mengkonfirmasikannya dulu ke yang bersangkutan. Karena ini acara kenegeraan dan bersifat Nasional, kalaupun ada halangan harusnya bisa dikonfirmasi ke kami," ujar Budi.

Ditanya mengenai sanksi yang akan diberikan, Budi mengaku akan berkonsolidasi dengan pimpinan Partai dan akan mengkonfirmasi yang bersangkutan terlebih dahulu.

"Itu tentunya harus di cek kembali kebenarannya. Kita akan ceklah dulu," jelasnya.

Baca Juga: Mengenal Ardelia Zahwa, Gadis Medan Pembawa Baki Bendera di Istana

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya