Comscore Tracker

Usai Larangan Mudik, Menteri Agama Imbau Salat Idulfitri di Rumah Aja

MUI diharapkan bisa menjelaskan cara salat Idulfitri

Jakarta, IDN Times - Pandemik virus corona atau COVID-19 membuat pemerintah mengeluarkan larangan mudik. Selain itu larangan buka puasa bersama dan salat tarawih di masjid yang berpotensi membuat keramaian.

Hari ini, Rabu (13/5) Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengimbau kepada umat muslim di Tanah Air untuk melaksanakan Salat Idulfitri 1441H di rumah saja bersama keluarga inti saja.

"Saya imbau umat Islam menjalankan Salat Id di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama dalam penanganan COVID-19," ujarnya melalui keterangan tertulis pada, Rabu (13/5).

1. Salat Idulfitri masih tetap bisa dilakukan bersama keluarga inti di rumah

Usai Larangan Mudik, Menteri Agama Imbau Salat Idulfitri di Rumah AjaMenteri Agama Fachrul Razi (IDN Times/Aldzah Aditya)

Menag mengatakan, walaupun tidak dilakukan di masjid atau lapangan, umat Muslim jangan sampai meninggalkan salat Idulfitri 1441H. Dalam kondisi apa pun, ujar Fachrul, Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan salat Idulfitri.

"Usahakan salat Id jangan ditinggalkan, tapi diselenggarakan bersama keluarga di rumah, sesuai teladan Rasulullah SAW yang tidak pernah meninggalkan Salat Id," katanya.

2. Ulama diminta beri penjelasan pada masyarakat tentang fikih dan tata cara salat Idulfitri

Usai Larangan Mudik, Menteri Agama Imbau Salat Idulfitri di Rumah Ajagoogle

Lelaki kelahiran Banda Aceh, 26 Juli 1947 itu berharap, para ulama termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI), memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang hukum fikih Islam dan tata cara salat Idulfiitri. Salat Idulfitri hukumnya adalah sunah muakkadah atau sunah yang sangat dianjurkan.

"Mari kita sambut kehadiran Idulfitri 1441H dengan suka-cita dan bahagia, karena itu adalah hari kemenangan dan hari kembalinya kita ke fitrah yang suci. Mari berbagi kepedulian kepada yang memerlukan, agar mereka juga dapat berlebaran seperti kita semua," pesannya.

3. Pandemik COVID-19 tidak boleh mengurangi kebahagiaan dalam menyambut Idulfitri 1441 H

Usai Larangan Mudik, Menteri Agama Imbau Salat Idulfitri di Rumah AjaIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Ia berharap, pandemik COVID-19 yang sedang melanda dunia saat ini akan segera berakhir. Ia menekankan, umat muslim jangan sampai mengurangi kebahagiaan dan kegembiraan dalam menyambut Idulfitri 1441H.

"Taqobalallahu Minna Waminkum, Semoga Allah menerima amal kita semua," tutupnya.

Baca Juga: Pulang Dari Arab Saudi, 2 Mahasiswa Indonesia Positif Corona

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya