[UPDATE] Gempa Majene: 8 Meninggal, 637 Warga Luka-Luka

Kepala BNPB dan Mensos langsung mengunjungi lokasi

Jakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene mengabarkan delapan warga meninggal dunia dan lebih dari 600 orang luka-luka akibat gampa berkekuatan 6,2 Magnitudo pada Jumat (15/1/2021) sekitar pukul 01.28 WIB atau 02.28 waktu setempat.

Data Pusat Pengendali Operasi BNPB per 15 Januari 2021 pukul 08.00 WIB mencatat, sekitar 637 warga mengalami luka-luka dan ribuan lainnya mengungsi di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

1. Lebih dari 62 unit bangunan rusak

[UPDATE] Gempa Majene: 8 Meninggal, 637 Warga Luka-LukaTangkapan layar video gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat/Istimewa

Berdasarkan keterangan BPBD yang diterima IDN Times, bencana tersebut menyebabkan 62 unit rumah rusak, 1 unit puskesmas rusak berat, dan 1 kantor Danramil Maluda rusak berat.

"Jaringan listrik padam, komunikasi selular tidak stabil dan longsor 3 titik sepanjang jalan poros Majene–Mamuju," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati, Jumat (15/1/2021).

Sedangkan, pada Kabupaten Mamuju, BPBD setempat menginformasikan kerusakan berat (RB) antara lain Hotel Maleo, kantor Gubernur Sulawesi Barat dan sebuah mini market. Jaringan listrik dan komunikasi selular juga terganggu di wilayah Mamuju.

"Kerusakan rumah warga masih dalam pendataan," tambahnya.

Baca Juga: [FOTO] Kondisi Terkini di Majene-Mamuju Sulawesi Barat setelah Gempa

2. Kebutuhan didistribusikan oleh BPBD

[UPDATE] Gempa Majene: 8 Meninggal, 637 Warga Luka-LukaTangkapan layar video gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat/Istimewa

Raditya mengatakan BNPB terus memonitor upaya penanganan darurat di lapangan dilakukan oleh berbagai pihak, seperti BPBD, BNPP/Basarnas, TNI, Polri, sukarelawan dan mitra terkait lainnya.

Kebutuhan yang diinformasikan oleh BPBD setempat berupa sembako, selimut dan tikar, tenda pengungsi, pelayanan medis, terpal, alat berat/eksavator, alat komunikasi, makanan siap saji dan masker.

3. Presiden perintahkan Kepala BNPB dan Mensos datangi lokasi

[UPDATE] Gempa Majene: 8 Meninggal, 637 Warga Luka-LukaIlustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala BNPB Doni Monardo semula berencana melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat bersama sejumlah anggota DPR RI dari Komisi 8.

Mendengar kabar terjadinya gempa di Sulawesi Barat, atas instruksi Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Doni segera mengubah rencana, berangkat ke Mamuju Sulawesi Barat.

"Pagi ini Kepala BNPB angsung menginstruksikan helikopter BNPB menuju lokasi bencana. Ada 4 helikopter BNPB dikerahkan," terang Raditya.

Dia menutup, "Mensos Risma juga berangkat ke Mamuju pada hari ini."

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Majene Sulawesi Barat

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya