Surat Romantis Ainun untuk Sang Suami di Perayaan Ultah ke-60 Habibie

Habibie merayakan ultah ke-60 di dalam pesawat Concorde

Jakarta, IDN Times - Presiden B.J. Habibie adalah sosok yang selalu ingat momen bersejarah. Misalnya, terbang perdana pesawat N-250 pada 10 Agustus 1995 adalah upaya menyambut HUT ke-50 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus sebagai hadiah.

Nah, menurut A. Makmur Makka yang pernah jadi staf khusus Habibie, salah satu hari yang selalu dikenangnya adalah ketika Habibie menerima kado khusus dari istrinya, Ainun. Suasananya sangat khusus pula, yaitu hari Selasa, 25 Juni 1996, pada perayaan HUT ke-60 tahun Habibie.

Dalam bukunya yang berjudulTotal Habibie, Kecil Tapi Otak Semua, Makmur Makka yang pernah menjabat pemimpin redaksi koran Republika menuliskannya sebagai berikut:

“Pada waktu itu, pimpinan perusahaan dirgantara Aerospatiale-British Aerospace, perancang bangun pesawat supersonic Concorde, mengundangnya bersama istri dan para tokoh dirgantara dunia yang hadir pada Indonesia Airshow 1996 di Jakarta. Mereka diajak terbang bersama pesawat Concorde dari Jakarta ke Perth, Australia, pulang-pergi,” tulis Makmur Makka di bukunya.

”Dengan kecepatan 2.179 kilometer per jam, pada ketinggian 18 ribu meter di antara Jakarta dan Perth, setelah 100 tamu diberi minuman sampanye, mereka menyanyikan lagu Happy Birthday ke-60 tahun untuk Habibie. Hari itu dia sangat berbahagia. Habibie berkata, ‘Saya sangat bahagia dan dimanja oleh semua yang hadir bersama Ainun. Ainun lalu memeluk dan mencium pipi dan dahi saya dengan wajah dan senyuman yang selalu memukau, mengilhami saya dan selalu sepanjang masa saya rindukan. Ainun juga memberi sepucuk surat dan kartu dengan gambar Beruang Teddy yang gembira dengan tulisan, On your birthday…do anything that brings a smile, make you laugh or suits your style...’,” lanjut Makmur Makka menuliskan kenangan Habibie akan sang istri.

Di dalam kartu itu sendiri, Ainun, sang istri, menulis dengan tulisan tangannya memakai kata-kata romantis, “Suamiku tercinta, Selamat HUT yang ke-60. Kami semua bersyukur atas anugerah yang diberikan Allah SWT, sehingga dapat memanfaatkan waktu yang diberikan dengan beribadah selalu.  Semoga Allah SWT selalu melindungi, memberikan kasih sayang-Nya, memberi petunjuk dan ridha-Nya bagi suamiku tercinta. Love Mama dan Anak-Cucu.”

Menurut cerita Habibie, kartu itu dilampiri copy artikel mengenai dirinya yang ditulis Alain Cass dan diterbitkan oleh Financial Times tanggal 30 April 1984 berjudul An Engineer in the Cockpit.  

Copy tulisan itu sendiri telah 12 tahun lamanya disimpan Ainun, untuk diberikan kepada Habibie, khusus pada ulang tahunnya yang ke-60 tahun, di atas pesawat Concorde.

Wah, romantis banget ya pasangan idola ini!

Baca Juga: Masakan Ainun yang Selamatkan Habibie dari Ancaman Racun

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya