[BREAKING] Umrah Disetop Sementara, Kemenag Minta Jemaah Tenang

"Sehari rata-rata sekitar 4.000an jemaah."

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama masih mengonfirmasi langsung ke pemerintah Arab Saudi menyusul larangan sementara ibadah umrah. Larangan dilakukan menyusul kekhawatiran penularan virus corona (COVID-19) yang sampai Kamis pagi ini telah menewaskan 2.772 orang.

"Kami masih terus mengonfirmasi langsung larangan ini," kata Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim saat dihubungi IDN Times, Kamis (27/2).

Kemenag juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan, maskapai penerbangan, penyelenggara umrah, jemaah dan Kementerian Luar Negeri sebagai jalur diplomasi.

Karenanya Arfi mengimbau jemaah tenang. Setiap tahunnya, Arfi menambahkan ada sekitar sejuta jemaah umrah asal Indonesia. "Sehari rata-rata sekitar 4.000an jemaah," kata dia.

Sekadar diketahui Kerajaan Arab Saudi telah memutuskan untuk mengambil tindakan pencegahan penularan virus corona dalam beberapa poin sebagai berikut:

1. Melarang masuk ke area Kerajaan untuk tujuan Umroh dan mengunjungi Masjid Nabawi untuk sementara waktu.
2. Melarang masuk ke Kerajaan dengan visa turis bagi mereka yang datang dari negara-negara terjadinya penyebaran Coronaviru (COVlD-19) yang berbahaya. Hal ini sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh otoritas kesehatan di Kerajaan.
3. Melarang penggunaan kartu identitas nasional (bukan paspor) untuk perjalanan ke dan dari Kerajaan dihentikan. Pengecualian diberikan kepada warga lokal yang meninggalkan Arab Saudi menggunakan kartu identitas nasional mereka, atau warga negara Dewan Kerja Sama Teluk yang ingin kembali dari Arab Saudi dengan menunjukkan kartu identitas nasional mereka.

Pihak Kerajaan menegaskan bahwa prosedur ini bersifat sementara dan akan dilakukan evaluasi secara berkala oleh pihak yang berwenang.

Soal poin pertama, sejauh ini Arfi belum mendengar informasi jemaah yang sudah terlanjur sampai Madinah dan dilarang ke Masjid Nabawi.

Baca Juga: [BREAKING] Wabah Virus Corona, Arab Saudi Tutup Pintu Umrah 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya