Comscore Tracker

Ma'ruf Amin Kembali Pakai Sarung di Sidang Kabinet Perdana

Prabowo dan beberapa menteri lainnya pakai mobil pribadi

Jakarta, IDN Times - Sehari setelah melantik para menteri Kabinet Indonesia Maju, Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin langsung memimpn sidang kabinet paripurna.  Sidang dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

Pada kesempatan ini Ma'ruf Amin kembali ke style awalnya yakni dengan mengenakan sarung dan sorban yang dikalungkan ke lehernya. Sementara para menteri yang datang masih ada beberapa yang menggunakan mobil pribadi.

1. Beberapa menteri sudah mulai menggunakan mobil dinas, beberapa lagi masih mengendarai mobil pribadi

Ma'ruf Amin Kembali Pakai Sarung di Sidang Kabinet PerdanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Saat tiba di Kompleks Istana Negara, beberapa di antara menteri sudah ada yang mengendarai mobil dinas kementerian berpelat RI. Sementara, beberapa lainnya masih menggunakan mobil pribadi, seperti yang digunakan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, yang menumpangi Toyota Alphard putih berpelat B 108 PSD.

Sedangkan, menteri-menteri baru yang telah menggunakan mobil dinasnya di antaranya Menteri Kesehatan (Mayjen) dr Terawan, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Baca Juga: Nadiem Makarim Jadi Menteri Pendidikan, Ini Strategi Bos Baru Gojek

2. Suasana menteri menanti kedatangan presiden dan wapres

Ma'ruf Amin Kembali Pakai Sarung di Sidang Kabinet PerdanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sidang kabinet dimulai pada pukul 10.00 WIB. Saat itu, para menteri Kabinet Indonesia Maju sudah mulai duduk di kursi yang mengelilingi meja. Mereka berbincang satu sama lain, sembari menanti kedatangan presiden dan wakil presiden.

Beberapa menteri ada yang terlihat diam, sambil melihat sekelilingnya seperti Menteri Sosial Juliari Batubara. Terlihat juga Menteri BUMN Erick Thohir yang sibuk mencatat di atas buku catatannya. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama yang datang sedikit terlambat dari yang lainnya, segera menempati kursinya.

Terlihat juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem yang tengah berbincang dengan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan (Menristek) Bambang Brodjonegoro. Keakraban juga terlihat antara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dengan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly. Suasana pagi ini tampak hangat di antara menteri baru Jokowi itu.

3. Jokowi mengenakan kemeja putih khasnya, dan Ma'ruf juga hadir dengan sarung

Ma'ruf Amin Kembali Pakai Sarung di Sidang Kabinet PerdanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sekitar pukul 10.06 WIB, menteri-menteri diminta berdiri, tanda presiden dan wakil presiden akan segera tiba. Semuanya kompak berdiri, menyambut kedatangan Jokowi dan Ma'ruf.

Presiden Jokowi tampak masuk dengan kemeja putih dan celana hitam. Sementara, Ma'ruf berada di sampingnya tampak mengenakan peci hitam, jas, sarung biru, dan sorban.

Baca Juga: Ma'ruf Amin, dari Pendakwah hingga Dampingi Jokowi sebagai Wapres

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya