Pemerintah Kembali Buka Seleksi CPNS Juni 2019

Kemenpan RB bukan 100 ribu lowongan untuk seleksi CPNS

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan kembali membuka Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Juni 2019 mendatang. 

Menpan RB Syafruddin mengungkapkan bahwa jumlah penerimaan CPNS pada tahun ini tidak lebih banyak dari seleksi pada 2018, yang mencapai 238 ribu orang untuk berbagai instansi pemerintah.

1. Bulan Juni tahapan seleksi CPNS 2019 akan dibuka

Pemerintah Kembali Buka Seleksi CPNS Juni 2019IDN Times/Nofika Dian

Syafruddin mengatakan, pada Juni, Kemenpan RB akan kembali membuka seleksi CPNS. Namun, saat ini hanya dibuka untuk 100 ribu orang saja. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan 2018.

"Sudah selesai CPNS, tinggal nunggu NIK-nya. Kemudian tahapan 2019 juga kita akan laksanakan, tapi nanti bulan 6," ujar Syafruddin di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (24/1).

Baca Juga: 100 Ribu Lowongan CPNS Dibuka Maret 2019, Jangan Sampai Ketinggalan 

2. Seleksi CPNS dibuka untuk tenaga pendidikan dan kesehatan

Pemerintah Kembali Buka Seleksi CPNS Juni 2019ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Menurut Syafruddin, pembukaan seleksi CPNS tetap akan difokuskan kepada tenaga pendidikan dan kesehatan. Dan karena banyaknya yang pensiun di tahun ini, maka pemerintah kembali membuka seleksi CPNS.

"Karena kan tahun ini pensiun 52 ribu," terang Syafruddin.

3. Seleksi CPNS dilakukan agar tidak merekrut honorer terlalu banyak

Pemerintah Kembali Buka Seleksi CPNS Juni 2019ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Dia melanjutkan, pembukaan seleksi CPNS hingga 100 ribu itu dilakukan agar menjaga keseimbangan, sehingga tidak lagi merekrut honorer telalu banyak.

"Jadi harus kita kejar, jaga keseimbangan supaya jangan lagi rekrutmen honorer terlalu banyak. Honorer kita akan selesaikan dengan jalur PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)," katanya.

Baca Juga: Ini 6 Kunci Kesiapan Tes Wawancara CPNS yang Harus Diperhatikan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya