Luncurkan Motor Listrik, Pemerintah Akan Sewakan Rp2 Juta Per Bulan

 Bandung menjadi lokasi uji coba pertama motor listrik

Jakarta, IDN Times - Rencana pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai basis dari pengembangan kendaraan listrik semakin terlihat serius. Industri mobil listrik yang akan dibangun pemerintah, tidak hanya untuk roda empat, melainkan untuk sepeda motor juga.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini pemerintah tengah melakukan uji coba untuk industri sepeda motor. Uji coba dilakukan pertama kali di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Pemerintah Canangkan Mobil Listrik Nasional, Begini Kata Millennials

1. Pemerintah akan sewakan motor listrik selama dua tahun

Luncurkan Motor Listrik, Pemerintah Akan Sewakan Rp2 Juta Per Bulan

Airlangga menjelaskan, nantinya motor listrik tersebut akan berisi baterai yang masing-masing unit memiliki berat 10 kg. Baterai motor listrik itu juga bisa ditukar di tempat penukaran baterai yang tersedia di pom bensin.

Untuk uji coba pertama, pemerintah akan melakukannya di Bandung. Airlangga menyampaikan, pemerintah akan menyewakan sepeda motor tersebut selama dua tahun.

"Kami mau mendorong dengan sistem sewa 1 bulan Rp2 juta. Mungkin disewa 2 tahun, sesudah itu principalnya nanti buyback. Ini baru prototipe, nanti model berikutnya akan kita dalami lagi," kata Airlangga di kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/8).

2. Per unit motor listrik akan mendapatkan dua set baterai

Luncurkan Motor Listrik, Pemerintah Akan Sewakan Rp2 Juta Per BulanIDN Times/Tunggul Kumoro

Untuk jumlahnya, Airlangga mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan banyak motor listrik. Motor-motor itu akan ditaruh di Bandung untuk disewakan.

Adapun nominal Rp2 juta untuk penyewaan, sudah termasuk penukaran baterai. Menurut Airlangga, per unit akan mendapat dua set baterai.

"Termasuk penukaran baterai, jadi nanti motor itu begitu beli, dia punya dua set baterai. Satu ditukar, seperti botol LPG," terangnya.

3. Bandung dipilih sebagai lokasi uji coba pertama karena merupakan kota pelajar

Luncurkan Motor Listrik, Pemerintah Akan Sewakan Rp2 Juta Per BulanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Adapun Kota Bandung dipilih sebagai tempat uji coba pertama, salah satu alasannya karena Bandung adalah kota pelajar, sehingga akan lebih mudah mempromosikan motor listrik.

"Karena kota pelajar, kita juga melihat kotanya relatif lebih kecil, sehingga kalau di kota lebih compact," ujar Airlangga.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya