Comscore Tracker

Disebut Licik, Agum Gumelar Ingatkan Kivlan Zen Lebih Hormati SBY

Ucapan Kivlan dianggap Agum tak beretika

Jakarta, IDN Times - Pernyataan Kivlan Zen yang menyebut Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) licik memantik reaksi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), Agum Gumelar. Agum meminta Kivlan lebih menghormati mantan presiden Indonesia dua periode itu.

Agum heran dengan pihak-pihak yang meragukan hasil Pemilu 2019 namun meluapkannya dengan hal yang di luar etika.

Baca Juga: [BREAKING] Massa Pro Prabowo-Sandiaga Berhasil Kepung Bawaslu Sumut

1. Pernyataan Kivlan dianggap Agum kasar

Disebut Licik, Agum Gumelar Ingatkan Kivlan Zen Lebih Hormati SBYinstagram.com/natsirliliyana

Terkait pernyataan Kivlan yang menyebut SBY licik, Agum menganggap hal itu adalah pernyataan yang kasar. Dan ia mengatakan tidak sepatutnya Kivlan mengatakan hal itu kepada SBY.

"Saya juga sangat mohon maaf ya, itu juga kawan-kawan saya juga di 02, seperti Kivlan Zen. Saya rasa tidak sepatutnya ia berkata kasar terhadap Pak SBY," kata Agum di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (10/5).

Baca Juga: Marak 'People Power', Agum Gumelar Bandingkan dengan Tahun 1998

2. SBY tidak sepatutnya dicaci maki

Disebut Licik, Agum Gumelar Ingatkan Kivlan Zen Lebih Hormati SBYinstagram/ @aniyudhoyono

Agum menyampaikan, bagaimana pun juga SBY adalah mantan Presiden Indonesia dalam dua periode. Dan tidak sepatutnya sebagai mantan Presiden yang mengabdi selama 10 tahun dicaci maki.

"Pak SBY, walau pun bagaimana, beliau itu mantan Presiden dua periode. Tidak bisa dong dicaci maki seperti itu. Menurut saya, etika keprajuritan tidak mengizinkan. Apalagi sama-sama tentara. Dan SBY adalah jenderal bintang 4 dan dia adalah presiden," ucap Agum.

3. Agum minta pihak-pihak yang tak puas dengan Pemilu untuk tidak meluapkan di luar etika

Disebut Licik, Agum Gumelar Ingatkan Kivlan Zen Lebih Hormati SBYANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Agum pun meminta kepada semua pihak yang tidak puas dengan hasil Pemilu 2019, untuk tidak meluapkannya dengan hal-hal yang tak beretika.

"Jadi menurut saya, tolong deh kepada mereka-mereka yang tidak puas dengan keadaan yang dihadapi mereka. Jangan kemudian pelampiasannya dengan cara-cara yang di luar etika," jelasnya.

4. Kivlan sebut SBY licik

Disebut Licik, Agum Gumelar Ingatkan Kivlan Zen Lebih Hormati SBYTwitter/@SBYudhoyono

Sebelumnya, Kivlan menanggapi komentar Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Demokrat, Andi Arief, tentang twit terkait 'setan gundul'. Tak hanya itu, Kivlan juga ikut menyerang SBY tentang sikapnya tersebut.

"Dia (SBY) itu, saya tahu sifatnya, mereka ini saling bersaing antara Prabowo dan SBY. Dia tak ingin ada jenderal lain yang jadi Presiden, dia ingin dirinya sendiri dan dia orangnya licik. Sampaikan saja bahwa SBY licik. Dia junior saya, saya yang mendidik dia, saya tahu dia orangnya licik, dia mendukung 01 waktu menang di tahun 2014," kata Kivlan.

Baca Juga: Rekap Sementara KPU Sumut, 24 Nama Lolos ke Senayan Termasuk Djarot

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You