Gara-Gara Virus Corona, Jokowi Kini Minum Temulawak 3 Kali Sehari

Tamu-tamunya juga diberi minuman rempah-rempah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku lebih rajin meminum temulawak sejak virus corona atau COVID-19 masuk Indonesia. Tak hanya Jokowi, tamu-tamu yang biasanya menemui Jokowi juga kini disajikan minuman temulawak.

Hal itu disampaikan Jokowi pada acara Pembukaan The Second Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2020, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (12/3).

1. Jokowi minum temulawak hingga tiga kali sehari

Gara-Gara Virus Corona, Jokowi Kini Minum Temulawak 3 Kali SehariPresiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 12 Maret 2020. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengaku setiap pagi memang rutin minum temulawak. Namun, sejak muncul wabah virus corona, dia minum rempah itu tiga kali sehari.

"Saya biasanya tiap hari minum itu, temulawak, jahe, sereh, kunyit. Saya campur, saya minum, hanya pagi. Sekarang karena ada corona saya minumnya pagi, siang, malam," kata dia, tersenyum.

Jokowi pun menduga kebiasaan barunya itu dan masyarakat lain lah yang membuat harga rempah-rempah melambung akhir-akhir ini, karena jumlah konsumsi mereka lebih banyak dari sebelumnya.

"Itu yang menyebabkan mungkin (harganya naik), karena diminum tidak hanya sekali, tapi tiga kali," ujar eks wali kota Solo itu.

Gara-Gara Virus Corona, Jokowi Kini Minum Temulawak 3 Kali SehariIDN Times/Sukma Shakti

Baca Juga: Italia Lock Down Akibat Virus Corona, Restoran Hingga Salon Ditutup

2. Jokowi juga menyuguhkan temulawak untuk para tamunya

Gara-Gara Virus Corona, Jokowi Kini Minum Temulawak 3 Kali SehariPresiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 12 Maret 2020. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kebiasaan baru Jokowi lainnya akibat virus corona adalah menyambut para tamunya dengan menyuguhkan minuman temulawak. Bahkan, dia tidak lagi menyuguhkan teh, tetapi minuman tradisional seperti temulawak.

"Sekarang tamu-tamu saya kalau pagi, siang, dan malam saya beri minuman itu. Bukan teh, tapi temulawak, jahe, sereh, kunyit, campur jadi satu," ucap dia.

3. Jokowi sebut harga rempah-rempah mahal dan mulai langka

Gara-Gara Virus Corona, Jokowi Kini Minum Temulawak 3 Kali SehariPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa 3 Maret 2020. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Senada dengan masyarakat yang merasa harga rempah-rempah semakin mahal dan langka, Jokowi juga merasakan hal yang sama. Ia menyebut jahe merah, temulawak, hingga kunyit susah dicari di pasaran dan harganya pun melonjak.

"Hati-hati sekarang ini harganya (rempah-rempah) naik sampai empat kali lipat, lima kali lipat. Jahe merah, temulawak, kunyit. Naik sampai tiga, empat, lima kali lipat. Biasanya kalau mencari mudah," tutur Jokowi.

Baca Juga: [FOTO] Gemasnya! Cucu Jokowi Ikut Foto Bareng Raja dan Ratu Belanda

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya